Sukses

Mantan Bomber AC Milan Resmi Jabat Presiden Liberia

Monrovia - Mantan penyerang AC Milan, George Weah, resmi menjabat sebagai presiden Liberia periode 2017 hingga 2023. Weah mengungguli sang rival, Joseph Boakai.

Dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Selasa (26/12/2017), pria 51 tahun tersebut berhasil menang di 12 dari 15 negara bagian di Liberia. Sementara itu, Boakai yang telah menjabat selama 12 tahun sebagai wakil presiden Liberia hanya menang di dua negara bagian.

"Dengan perasaan yang mendalam, saya ingin mengucapkan terima kasih, kepada masyarakat Liberia, karena telah memberikan suara Anda untuk saya hari ini. Ini adalah harapan besar," tulis Weah di akun Twitter pribadinya.

Setelah gantung sepatu pada 2003, George Weah mulai terjun ke dunia politik sejak November 2004. Dia pun langsung mengincar kursi presiden Liberia periode 2005 hingga 2011.

Pria bernama lengkap George Tawlon Manneh Oppong Ousman Weah itu berhasil memenangkan pemilihan putaran pertama dengan mengumpulkan 28,3 persen suara. Weah mengungguli sang rival, Ellen Johnson Sirleaf, yang meraih 19,8 persen suara penduduk Liberia.

Akan tetapi, Weah gagal menjabat sebagai presiden Liberia karena kalah pada putaran kedua. George Weah hanya mengumpulkan 40,6 persen suara, sedangkan Sirleaf meraih 59,4 persen suara.

 

1 dari 2 halaman

Legenda Sepak Bola Afrika

George Weah merupakan salah satu pesepak bola asal Afrika yang memiliki karier cemerlang di Eropa. Dia pernah berseragam sejumlah klub besar Eropa, mulai dari AS Monaco, Paris Saint-Germain, AC Milan, Chelsea, Manchester City, dan Marseille.

Berbagai gelar juara pun berhasil diraih oleh Weah. Dia sukses merengkuh satu trofi bersama AS Monaco, empat dengan Paris Saint-Germain, dua dengan AC Milan, dan satu gelar bersama Chelsea.

Tak hanya di level klub, George Weah juga meraih penghargaan individu, yakni Pemain Terbaik Afrika pada 1989, 1994, dan 1995, Ballon d'Or 1995, dan Pemain Terbaik Dunia 1995.

Selama 18 tahun berkarier di dunia sepak bola, Weah mampu mencetak 193 gol dari 478 pertandingan di level klub. Sementara itu, bersama timnas Liberia, dia mendulang 22 gol dari 60 penampilan.

Sumber: Mirror

Sumber: bola.com