Sukses

Wasit Curang, Laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Diulang

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika diulang karena wasit memanipulasi pertandingan.

Liputan6.com, Cape Town - FIFA memutuskan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika antara Afrika Selatan kontra Senegal digelar ulang. Keputusan itu diambil menyusul wasit yang memimpin laga itu dihukum atas perkara pengaturan pertandingan.

Pertandingan Afrika Selatan melawan Senegal telah berlangsung pada November 2016 dan dipimpin wasit asal Ghana, Joseph Lamptey. Kala itu sang wasit memberikan penalti kontroversial dan membuat Afrika Selatan menang 2-1 atas Senegal.

Setelah diselidiki terdapat unsur pengaturan pertandingan yang melibatkan sang wasit. Alhasil, FIFA memutuskan pertandingan ulangan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan melawan Senegal berlangsung November mendatang.

Seperti dilansir AFP, Lamptey pada awalnya diskors selama tiga bulan oleh CAF (Federasi Sepak Bola Afrika) karena memberikan hukuman handball "yang sebenarnya tidak ada. FIFA kemudian menjatuhkan larangan seumur hidup untuk wasit itu pada Maret lalu.

Berita tentang pertandingan ulang tersebut akan memacu semangat Senegal yang berada di posisi ketiga, satu poin di belakang Cape Verde dan Burkina Faso di Grup D kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika, dengan dua laga tersisa. Hanya juara grup yang mendapatkan tiket lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.



FIFA menjelaskan keputusan mengulang laga tersebut setelah CAF mengonfirmasi "larangan seumur hidup dari wasit pertandingan, Joseph Lamptey, atas memanipulasi laga, keputusan yang diberlakukan oleh Komite Disiplin dan Banding FIFA."

"Pertandingan akan diulang pada jeda internasional November 2017, tanggal pasti akan dikonfirmasi pada waktunya," bunyi pernyataan yang dikeluarkan FIFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.