Sukses

Kalahkan Messi, Ronaldo Raih Gelar Pemain Terbaik UEFA

Liputan6.com, Monaco - Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA 2016/2017. Ini adalah penghargaan ketiga kalinya yang diraih Ronaldo dalam empat tahun terakhir.

Ronaldo mengalahkan bintang Barcelona Lionel Messi dan kiper Juventus Gianluigi Buffon, yang sebelumnya masuk dalam kandidat penghargaan ini.

Bintang asal Portugal, merebut kehormatan tersebut setelah membantu timnya meraih kemenangan di Liga Champions pada 2016-17, mencetak 12 gol dalam kompetisi tersebut.

Ini menjadi musim yang luar biasa bagi Ronaldo setelah mencetak total 42 gol di semua kompetisi, saat Madrid menambahkan gelar La Liga dan memenangkan trofi Liga Champions.

"[Tujuan saya] sama setiap tahun - tantangan yang sama untuk memenangkan segalanya, jika mungkin, dengan klub saya dan tim nasional," kata Ronaldo.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sangat senang berada di sini. Ini adalah suatu kehormatan untuk memenangkan trofi ini lagi, saya harus mengucapkan terima kasih kepada rekan satu tim dan selamat kepada mereka juga," kata Ronaldo.

2 dari 2 halaman

Performa Individual


Seperti diketahui, penghargaan yang sebelumnya bernama Pemain Terbaik di Eropa, juga dimenangi Ronaldo pada tahun lalu. Saat itu, Ronaldo mengungguli Gareth Bale dan Antoine Griezmann.

Penentuan pemain terbaik ini dilakukan dewan juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi di Liga Champions dan Liga Europa 2016/2017. Selain itu, ditambah pula 55 jurnalis yang dipilih oleh European Sports Media (ESM).

Gelar pemain terbaik UEFA diberikan kepada pemain yang berkiprah di klub yang terdaftar dalam UEFA. Penilaian didasarkan pada performa individual pemain selama satu musim, baik di liga domestik, Eropa, maupun internasional, dan tidak memandang asal negara sang pemain.

Loading