Sukses

4 Aksi Belanja Galactico Presiden Real Madrid

Florentino Perez kerap mendatangkan galactico usai memenangkan pemilihan presiden Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Florentino Perez kembali terpilih sebagai presiden Real Madrid. Jika meneruskan tradisi, dia akan mendaratkan pemain bintang di Estadio Santiago Bernabeu.

Perez sudah melakukannya ketika pertama kali mencalonkan diri sebagai petinggi Real Madrid pada 2000.

Namun, pergerakan Los Blancos pada bursa transfer musim panas ini tidak seaktif biasanya. Hanya satu nama yang gencar mereka buru, itupun bukan pemain berkaliber besar. Kylian Mbappe bukanlah sosok berstatus galactico. Dia hanya bersinar pada 2016/2017 dan belum teruji.

Di luar Mbappe, usaha Real Madrid menemui ganjalan. David de Gea hampir pasti terus membela Manchester United. Begitu pula duo Chelsea, Eden Hazard dan Thibaut Courtois.

Sedangkan kiper muda menjanjikan Gianluigi Donnarumma masih belum menentukan sikap apakah bakal memperpanjang kontrak dengan AC Milan atau tidak.

Alih-alih merekrut galactico, raksasa Negeri Matador tersebut justru dipusingkan dengan rencana Cristiano Ronaldo meninggalkan Bernabeu.

Sembari menanti bintang rekrutan Perez musim panas ini, berikut galactico yang dia datangkan begitu terpilih sebagai presiden Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2000

Luis Figo. (AFP/Marc Alex)

Nama Perez mencuat tahun 2000 karena berjanji mendatangkan Luis Figo dari musuh bebuyutan Barcelona. Dia pun memenuhi janji dengan dana 54 juta pounds, rekor dunia ketika itu.

Keberadaan Figo membantu Real Madrid mengamankan titel La Liga.

Selain Figo, Perez juga membeli Claude Makelele dan Albert Celades (Celta Vigo), Flavio Conceicao (Deportivo La Coruna), Pedro Munitis (Racing Santander), Cesar Sanchez (Real Valladolid), dan Santiago Solari (Atletico Madrid).

3 dari 5 halaman

2004

Pada periode kedua sebagai presiden, Perez mendatangkan pemenang Ballon d'Or 2001 Michael Owen asal Liverpool. Owen mengikuti Zinedine Zidane (2001), Ronaldo Lima (2002), dan David Beckham (2003) yang datang berturut-turut pada musim panas sebelumnya.

Michael Owen. (AFP/Pedro Armestre)

Perez juga memboyong Walter Samuel dan Jonathan Woodgate pada saat bersamaan. Namun, kedatangan mereka kali ini bisa dikatakan gagal. Real Madrid akhirnya meninggalkan kebijakan galactico ketika Perez mengundurkan diri setahun kemudian.

4 dari 5 halaman

2009

Tidak terima dengan kegagalan, Perez kembali mencalonkan diri pada tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, dia belanja habis-habisan di bursa transfer.

Cristiano Ronaldo. (AFP/Dani Pozo)

Ronaldo dibeli dengan harga memecahkan rekor transfer, yakni 80 juta pounds. Kedatangannya diikuti Kaka dan Karim Benzema.

Hadir pula Xabi Alonso, Raul Albiol, Alvaro Arbeloa, dan Esteban Granero. Pengeluaran Los Blancos pada kesempatan ini melebihi 200 juta pounds.

5 dari 5 halaman

2013

Memulai periode keempat sebagai pemimpin Real Madrid dengan mengganti pelatih. Dia menunjuk Calo Ancelotti sebagai suksesor Jose Mourinho.

Untuk pemain, Perez kembali memecahkan rekor transfer setelah membeli Gareth Bale sebesar 86 juta pounds.

Bale tidak sedirian tiba di Bernabeu. Asier Illaramendi (Real Sociedad), Isco Alarcon (Malaga), Casemiro (Porto), dan Dani Caravajal (Bayer Leverkusen).

Gareth Bale. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.