Sukses

Modal dari Silverstone, Rio Haryanto Siap Melaju di Hungaria

Liputan6.com, Budapest - Hasil tes Manor Racing di Sirkuit Silverstone memang cukup memuaskan bagi Rio Haryanto. Itu yang membuat Rio semakin percaya diri menuju balapan GP Hungaria Formula 1 2016 di Sirkuit Hungaroring, Minggu (24/7/2016).

Seusai melakoni GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Rio memang tak bisa langsung bersantai. Itu karena ia harus menjalani tes di tempat tersebut bersama Manor. Dalam tes tersebut, Rio mendapatkan hasil yang terbilang positif.

Pada tes hari pertama, Rio bersaing dengan 10 pembalap lain. Ia menempati urutan kesembilan setelah mencatatkan waktu 1 menit 35,631 detik. Ia unggul atas dua pembalap penguji. Performa Rio saat tes itu pun mendapat pujian dari Direktur Desain Manor, Luca Furbatto.

Dari hasil tes itu, kepercayaan diri Rio semakin bertambah jelang GP Hungaria. Di luar isu masa depannya bersama Manor, Rio tetap fokus untuk mendapatkan hasil terbaik di Sirkuit Hungaroring. Penting bagi Rio untuk mewujudkan hal tersebut demi mengobati kekecewaan di balapan terakhir.

"Kami membuat kemajuan yang bagus sepanjang tes. Kami mencoba beberapa paket pengembangan baru kami dan beberapa dari mereka akan diperkenalkan di akhir pekan ini. Efeknya akan kami rasakan secara bertahap. Saya pikir itu akan membantu kami untuk terus memotong jarak dengan para pembalap papan tengah," tutur Rio seperti dilansir Facebook Manor.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Bagus

Pada balapan terakhir di Sirkuit Silverstone, Rio mendapatkan hasil yang mengecewakan. Itu karena ia tak mampu melanjutkan balapan setelah MRT05 miliknya tergelincir di lap ke-27. Itu menjadi kali ketiga Rio gagal finis setelah GP Australia dan Rusia.

Kebetulan, Hungaroring bukan sirkuit yang asing bagi pembalap asal Indonesia itu. Sejak 2010, ia selalu balapan di Sirkuit Hongaroring setiap tahunnya. Bahkan, ia sempat naik podium juara pada balapan GP3 Hungaria 2010 dalam kategori Sprint bersama Manor.

Catatan yang diukir Rio di Sirkuit Hongaroring pada GP2 2015 juga cukup memuaskan. Itu karena ia mampu finis di urutan keempat kategori Feature dan posisi kelima kategori Sprint.

"Saya menyukai semua hal tentang Hungaria, terutama sirkuitnya. Saya menang di sini pada GP3 2011 dengan Manor. Saya punya banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan suhu di sini. Saya memahami bahwa ini adalah sirkuit yang benar-benar menantang. Ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi," tegas Rio.