Sukses

7 Pemain yang Patah Kaki Mirip Eks Striker Chelsea

Bahkan ada pemain yang sampai dua kali menderita patah kaki di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta - Karier sepak bola profesional mantan striker Chelsea, Demba Ba, terancam terhenti lebih cepat. Pasalnya, takcling horor pemain lawan membuat kaki pemain asal Senegal tersebut patah. 

Tragedi ini menimpa Demba Ba saat klubnya, Shanghai Shinhua bertemu Shanghai SIPG di Liga Super Tiongkok, Minggu (17/7/2016). Menurut Pelatih Shinhua, Gregorio Mazano, cedera yang dialami Ba sangat parah dan berpotensi mengakhiri karier pemain kelahiran Prancis tersebut. 

"Saya lebih memilih kehilangan pertandingan daripada kehilangan (Demba) Ba," kata Manzano. "Ba terlalu baik untuk mengalami ini," sambungnya seperti dilansir The Sun. 

Nasib yang menimpa Demba Ba memang terbilang mengerikan. Insiden bermula ketika Demba Ba tengah menggiring bola pada menit ke-64. Saat itu, Shinhua sudah memimpin 2-1 dan mantan pemain West Ham dan Newcastle United itu berhasil mencetak satu gol ke gawang lawan, SIPG. 

Pemain lawan, Sun Xiang, coba menghentikan Demba Ba. Namun upayanya merebut bola dari kaki Ba gagal. Dia lalu menabrak Ba hingga hilang keseimbangan. Celakanya, sebelum terjatuh, Sun Xiang malah menginjak kaki Demba Ba sampai patah dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. 

Tackling horor bukan kali ini saja memakan korban. Sebelumnya, setidaknya 7 pemain juga mengalami nasib yang sama akibat 'sapuan' pemain lawan. Sebagian besar berhasil pulih dan kembali ke lapangan. Namun tak jarang juga yang akhirnya pensiun setelah insiden tersebut. 

Berikut ini 7 pemain yang bernasib mirip Demba Ba:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Luke Shaw

1. Luke Shaw

Pemain Manchester United ini juga pernah mengalami kejadian yang menimpa Demba Ba pada tahun 2015 lalu. Saat kejadian, Shaw sedang memperkuat MU menghadapi PSV Eindhoven di ajang Liga Champions. Ini pertama kali Setan Merah di Liga Champions setelah sempat absen setahun.  

Petaka menghampiri Shaw pada menit ke-14. Saat itu, Shaw berusaha menusuk jantung pertahanan PSV sebelum akhirnya dihentikan Hector Moreno di dalam kotak terlarang. Tackling keras pemain asal Meksiko tersebut membuat Shaw terjatuh, meski tidak dianggap pelanggaran oleh wasit.

Awalnya banyak yang menganggap Shaw hanya cedera ringan. Namun Shaw mendapat perawatan hingga 10 menit. Bahkan tim medis terpaksa memberikannya bantuan oksigen untuk bernafas. 

Belakangan diketahui, Shaw mengalami patah kaki. Manajer MU saat itu, Louis Van Gaal mengatakan, pemainnya tersebut harus absen selama empat bulan. Saat ini Shawi masih memperkuat MU dan sudah kembali tampil saat MU beruji coba melawan Wigan, akhir pekan lalu. 

3 dari 8 halaman

Aaron Ramsey

2. Aaron Ramsey
Pada tahun 2010, bintang tim nasional (timnas) Wales di Euro 2016 Aaron Ramsey juga mengalami tragedi serupa. Gelandang Arsenal itu terpaksa absen sembilan bulan gara-gara patah tibia dan fibula kaki kanan saat bertanding. Dia cedera usai mendapat tackling keras bek Stoke City, Ryan Shawcross di Britannia Stadium.

Setelah menjalani pemulihan berbulan-bulan, Ramsey akhirnya kembali ke lapangan hijau. Ramsey bahkan jadi salah satu bintang The Dragon saat membuat kejutan di Piala Eropa 2016. Dalam turnamen antarnegara ini, Wales berhasil melaju hingga ke semifinal.

4 dari 8 halaman

Eduardo

3. Eduardo
Pemain asal Brasil ini tengah naik daun saat nasib sial menimpanya pada Februari 2008 lalu. Pemilik nama lengkap Eduardo Da Silva tersebut harus menerima kenyataan pahit setelah mendapat tackling brutal dari pemain Birmingham, Martin Taylor di St Andrews Stadium.

Insiden ini mirip tragedi yang menimpa Demba Ba. Namun setelah 51 minggu, Eduardo berhasil pulih dan kembali ke lapangan hijau meski kemampuannya tidak secemerlang sebelum cedera. 

 

5 dari 8 halaman

Alan Smith

4. Alan Smith
Satu lagi pemain MU lainnya yang mengalami patah kaki di lapangan. Namun nasib sial Smith bukan karena tackling brutal lawan. Kaki Alan Smith patah setelah berusaha memblok tendangan keras pemain Liverpool, John Arne pada 18 Februari 2006.

Smith sukses membendung laju bola. Namun langkah itu harus dibayar mahal dengan dislokasi pergelangan kaki. Smith sempat frustrasi dan butuh waktu lama menyebuhkan cederanya itu.

Dia kembali memperkuat MU saat menghadapi Benfica, 26 September 2006 setelah sempat absen selama 220 hari. Saat ini, Smith tidak lagi berkostum MU. Dia kini memperkuat Notts County.

6 dari 8 halaman

Djibril Cisse

5. Djibril Cisse

Pada 30 Oktober 2004, Liverpool tengah menjamu Backburn Rovers di Anfield Stadium pada lanjutan Liga Primer Inggris. Cisse mencoba mempertahankan bola di kakinya saat dari belakang pemain Blackburn, Jay McEvely melakukan tackling brutal yang mematahkan kaki pemain Prancis itu.

Akibat insiden ini, Cisse absen selama 5 bulan dan 14 hari.

Sialnya, dua tahun berikutnya, dia kembali mengalami kejadian yang sama saat memperkuat timnas Prancis beruji coba melawan klub Tiongkok Shandong Luneng di Saint Etienne,Cisse. Cisse kembali patah kaki akibat dihadang oleh Zheng Zhi.

Akibat kejadian ini, Cisse harus mengubur impiannya untuk memperkuat Les Blues di Piala Dunia 2006 Jerman.

7 dari 8 halaman

Henrik Larsson

6. Henrik Larsson
Salah seorang pemain timnas Swedia yang pernah memperkuat Manchester United, Henrik Larsson juga pernah mengalami cedera patah kaki. Insiden ini terjadi pada Oktober 1999. 

Saat itu, Larsson masih memperkuat Celtic. Larsson mendapat tackling keras dari pemain Lyon Serge Blanc pada Piala UEFA. Cedera itu sempat mengancam karier sepak bolanya. Beruntung, setelah 8 bulan dia langsung tampil bersama Swedia di ajang Euro 2000.

8 dari 8 halaman

David Busst

7. David Busst
Bek Coventry, David Busst bertabrakan dengan dua pemain bertahan Manchester United, Denis Irwin dan Brian McClair dalam sebuah laga yang berlangsung di Old Trafford Stadium, 1996 lalu.

Akibatnya sangat parah, tulang kaki Busst patah hingga menembus kulit. Darah pun mengucur deras dari kakinya. Cedera ini sekaligus menghancurkan karier profesional Busst karena setelah insiden tersebut, dia memutuskan untuk gantung sepatu.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.