Sukses

Final Piala Thomas: Lawan Denmark, Indonesia Diperkuat Tommy

Tommy Sugiarto memperkuat tim Thomas Indonesia melawan Denmark di final Piala Thomas 2016.

Liputan6.com, Kunshan - Setelah sempat dua kali diistirahatkan, Tommy Sugiarto kembali memperkuat Tim Thomas Indonesia. Tommy kembali menjadi tunggal pertama dalam laga tim Thomas Indonesia kontra Denmark pada final Piala Thomas 2016 di Kunshan Sports Center Stadium, Tiongkok, Minggu siang WIB (22/5/2016).

Baca Juga

  • Motor Bermasalah, Marquez Pesimistis Podium di MotoGP Mugello
  • Ciro Ferrara: Terima Kasih Jakarta!
  • Hasil Lengkap Sepak Bola Dini Hari Tadi

Tommy sempat diistirahatkan saat tim Thomas Indonesia melawan India di penyisihan Grup B dan laga semifinal menghadapi Korea. Tommy kini dimainkan untuk menghadapi tunggal putra pertama Denmark, Viktor Axelsen. Sejauh ini, dia tertinggal 2-3 dari rekor pertemuannya dengan Axelsen. Tetapi, putra mantan pebulu tangkis Icuk Sugiarto diyakini dapat mengatasi pemain muda Denmark tersebut.

"Kami yakin bisa ambil kemenangan di dua ganda dan satu tunggal. Tommy sengaja diturunkan karena melihat pertemuan terakhir dia punya kans menang kalau tidak retired," kata Rexy Mainaky, Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia, di Kunshan.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akan turun di partai kedua melawan pasangan Mads Pieler-Kolding/Mads Conrad-Petersen. Peluang Hendra/Ahsan di atas kertas memang lebih besar. Namun, Duo Mads juga patut diperhitungkan, karena Hendra/Ahsan takluk pada pertemuan terakhir.

Di partai ketiga, Anthony Sinisuka Ginting diharapkan bisa kembali menyumbangkan poin untuk tim Indonesia. Anthony akan berhadapan dengan lawan yang tak mudah, Jan O Jorgensen. Pemain Denmark ini kerap menyulitkan tunggal putra Indonesia. Skor pertemuan sementara 0-0 untuk kedua pemain.

​"Di tunggal kedua, kami menilai permainan Anthony lebih cocok menghadapi lawan ketimbang Jonatan," tambah Rexy.

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang menjadi penentu kemenangan tim melawan Korea di semifinal, kembali diturunkan di partai final. Pasangan rangking 12 dunia ini akan berjumpa Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang pernah mereka kalahkan di Singapore Open Super Series 2015 dengan skor 21-17, 18-21, dan 21-19.

Ihsan Maulana Mustofa menjadi tunggal ketiga akan melakoni laga pertamanya melawan Hans-Kristian Vittinghus. Pemain Denmark ini lebih berpengalaman dan punya rangking lebih tinggi dari Ihsan. Ini adalah tantangan tersendiri untuk Ihsan.

"Kami tim ganda putra siap menghadapi partai final, apapun bisa terjadi, kami siap tempur, tandas Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI.

Berikut susunan tim Indonesia vs Denmark di final:

Tommy Sugiarto vs Viktor Axelsen
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Mads Pieler Kolding/Mads Conrad-Petersen
Anthony Sinisuka Ginting vs Jan O Jorgensen
Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen
Ihsan Maulana Mustofa vs Hans-Kristian Vittinghus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.