Sukses

Cech Ingatkan Wenger Akan Van Der Sar

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger optimistis kehadiran Petr Cech ditimnya bisa seperti sosok Edwin Van der Sar saat masih berseragam Manchester United (MU). Meski bergabung di usia tak lagi muda, kiper asal Belanda itu menjadi salah satu legenda Setan Merah.

Van Der Sar bergabung dengan MU pada 2005, saat usianya sudah di atas 30 tahun. Enam musim di Old Trafford Stadium, Van Der Sar mencatatkan 139 clean sheets dari 266 penampilan bersama MU. Selain itu, pria yang saat ini sudah berusia 44 tahun tersebut juga mempersembahkan 4 trofi Liga Premier Inggris, dan 1 gelar Liga Champions.

Petr Cech (MOHD FYROL / AFP)

Wenger menilai, ada sosok Van Der Sar yang melekat di dalam jiwa Cech. Terlebih lagi, kiper berusia 33 tahun tersebut sudah mencatatkan 166 clean sheets dari 333 penampilan di Liga Premier Inggris saat masih memperkuat Chelsea.

"Cech memiliki kombinasi yang bagus antara kualitas, kelincahan dan ukuran. Saya pikir, dia pemain yang sangat hebat. Kepindahannya ke Arsenal mirip dengan Edwin Van der Sar. Dia pindah ke Manchester United di usia yang sama seperti Cech. Van der Sar memiliki waktu enam tahun bersama MU," puji Wenger, seperti diberitakan Standard.

"Saya tidak melihat seberapa lama Cech di sini. Tapi, dia sangat serius saat berlatih. Tentunya, kehadiaran dia bisa membuat kami menjadi menakutkan. Dia bisa menjadikan peluang gol lawan semakin kecil. Seperti itulah kharisma dia," pria asal Prancis tersebut menambahkan.

 


2 dari 2 halaman

Cerita Tahun 2004

Wenger menceritakan, dirinya hampir saja mendapatkan Cech pada tahun 2004. Namun sayangnya, pergerakan Arsenal kalah cepat dari Chelsea.

"Sebelum dia bergabung dengan Chelsea, kami tertarik lebih dulu. Sebab, orang yang membawanya ke Chelsea adalah teman baik saya," mantan pelatih AS Monaco itu menceritakan.

Petr Cech (Sky Sports)

"Teman baik saya itu mengatakan, ada kiper luar biasa yang main di Rennes. Dia masih sangat muda dan kami langsung bergerak. Pada akhirnya, saya pikir, Chelsea bergerak lebih cepat dari kami," Wenger menutup.

Pada Minggu (2/8/2015), Cech akan menghadapi klub yang dibelanya selama 11 tahun. Ya, Arsenal akan menantang Chelsea di Welmbley Stadium pada ajang Community Shield. (Cak / Vid)

Baca juga:

Rio Haryanto Takut Balapan di GP Rusia

Simak 6 Sejarah Menarik Community Shield

Van Gaal Bocorkan Formasi MU di Liga Premier 2015-16

Rio Haryanto Selangkah Lagi Satu Lintasan Bersama Lewis Hamilton