Sukses

Korupsi, Legenda Barca Dibui Tiga Tahun

Liputan6.com,Bucharest Mantan pemain timnas Rumania dan kapten Barcelona, Gheorge Popescu dihukum tiga tahun setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan korupsi, Selasa (4/3/2014). Dikabarkan Popescu melakukan korupsi di sepak bola Rumania.

Seperti dilansir AFP, Popescu dan rekannya dituduh tidak mengungkap jumlah dana sebenarnya untuk transfer 12 pemain dari klub Rumania ke klub luar negeri sejak 1999-2005.

Kasus ini sudah diapungkan sejak November 2012 dan Popescu dilarang beraktifitas di sepak bola selama tiga tahun. Kasus ini pun sempat menjalani banding sampai tiga kali.

Menurut jaksa penuntut umum, transfer gelap yang tak dilaporkan itu masuk ke rekening pribadi yang ada di Virgin Island dan juga Belanda. Ini sudah merugikan negara sebesar 1,2 juta euro, 7,86 juta euro untuk empat klub dan 470 ribu dollar milik Federasi Sepak Bolal Rumania (FRF).

Jika Popescu dibui selama tiga tahun maka mantan Presiden Dinamo Bukares, Cristian Borcea dihukum enam tahun dan empat bulan. Sedangkan mantan Presiden Rapid Bukares, George Cops divonis tiga tahun dan 8 bulan.

Sedang dua agen pemain dan saudara Popescu, Victor Becali masing-masing dihukum enam tahun dan empat bulan serta empat tahun dan 8 bulan. Skandal transfer ini diantaranya melibatkan Nicolae Mitea, pemain Dinamo Bukares yang ditransfer ke Ajax, Cosmin Contra dari Dinamo ke Alaves, Lonel Ganea dari Bistrita ke Vfb Stuttgart.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS