Sukses

Dimana Pabrik Foxconn Berdiri, Yogayakarta atau Jabodetabek?

Menperin MS Hidayat hanya bisa memastikan Foxconn tetap dengan komitmennya menginvestasikan dana di Indonesia.

Perusahaan pemasok komponen Apple asal Taiwan, Foxconn, mulai mempertimbangkan Yogyakarta sebagai lokasi pembangunan pabrik. Hingga kini, Foxconn memastikan akan tetap menanamkan investasinya di Indonesia.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, Foxconn kini tengah menimbang-nimbang lokasi membangun pabrik antara wilayah Jabodetabek atau Yogyakarta.

"Yang jelas, Foxconn tetap ingin investasi ke Indonesia, dia mulai melirik Yogyakarta," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

Pertimbangan Foxconn memilih lokasi pembangunan pabrik didasarkan pada potensi yang dimiliki masing-masing daerah dalam memenuhi keinginan produsen komponen tersebut. "Kedua tempat tersebut sudah dijajaki oleh Foxconn, pak Sultannya sudah bicara ke saya, tapi ini belum diputuskan," jelasnya.

Meski lokasi telah dikaji, Hidayat mengungkapkan Foxconn belum juga mencapai kesepakatan dengan mitra yang akan digandengnya di Indonesia. Selain itu, Foxconn juga belum menyebutkan secara spesifik pabrik apa yang akan dibuat di Indonesia. 

Termasuk di dalamnya adalah soal isu bahwa perusahaan tersebut akan membuat smartphone Blackberry didalam negeri.

"Dia belum ada kesepakatan dengan mitra lokal di Indonesia. Bahwa dia akan memproduksi Blackberry itu belum diketahui. Keputusan finalnya belum disampaikan oleh Foxconn. Tetapi kalau terjadi akuisisi-akuisisi itu mungkin saja," katanya.

Foxconn Technology Group merupakan perusahaan multinasional yang berlokasi di Taiwan yang berkantor pusat di Tucheng, Taiwan. Foxconn adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan komponen elektronik dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Rencanannya pada tahun 2014 mendatang perusahaan ini akan mulai beroperasi di Indonesia. (Dny/Shd)

Baca Juga

Upah Buruh Naik, Foxconn Akan Bangun Pabrik di AS

Pemasok Komponen iPhone Tunda Bangun Pabrik di Indonesia

Foxconn Minta Indonesia Buatkan Laboratorium Riset

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini