Sukses

10 Pekerjaan Paling Berbahaya buat Kesehatan (I)

Di dunia ini, nyaris tak ada pekerjaan tanpa risiko. Bahkan beberapa pekerjaan sangat berisiko bagi keselamatan dan kesehatan diri Anda.

Di dunia ini, nyaris tak ada pekerjaan tanpa risiko. Bahkan beberapa pekerjaan sangat berisiko bagi keselamatan dan kesehatan diri Anda. Bahkan jika tak hati-hati, suster yang bertugas menyembuhkan orang sakit dapat menjadi pasien rumah sakit.

Seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (3/12/2013), data dari Operational Information Network (O*NET), digunakan untuk menyusun peringkat pekerjaan dan profesi yang paling tidak sehat saat ini.  O*NET merupakan basis data Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) yang berisi informasi rinci mengenai pekerjaan.

Terdapat enam risiko kesehatan yang digunakan untuk menganalisa dampak suatu pekerjaan terhadap kondisi seorang profesional dengan skala 0-100. Hasilnya, berikut 10 pekerjaan yang paling tidak sehat tahun ini:


1. Ahli histologi

Tingkat potensi terkena penyakit: 63,8

Deskripsi pekerjaan: Menyiapkan tampilan-tampilan histologis dari bagian jaringan tubuh untuk uji mikroskopik dan diagnosa.

Tiga risiko kesehatan terbesar

Risiko terkena kondisi berbahaya: 94

Risiko terkontaminasi: 91

Risiko terkena penyakit dan infeksi: 75



2. Dokter gigi

Tingkat potensi terkena penyakit: 62,9

Deskripsi pekerjaan: Menguji, diagnosa, dan ancaman penyakit, luka dan kesalahan fungsi gigi serta gusi. Dapat mengobati penyakit saraf, dan jaringan gigi lainnya yang mempengaruhi kesehatan dan retensi gigi. Menggunakan peralatan gigi untuk memberikan perawatan pencegahan sakit.

Tiga risiko kesehatan terbesar:

Risiko terkena penyakit dan infeksi: 87,8

Risiko terkontaminasi: 76,2

Waktu yang dihabiskan untuk duduk: 73,6


3. Pramugari

Tingkat potensi terkena penyakit: 62,3

Deskripsi pekerjaan: Menyediakan jasa untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan para penumpang pesawat selama penerbangan. Menyapa penumpang, memeriksa tiket, menjelaskan penggunaan perlengkapan keselamatan, dan menyediakan makanan serta minuman.

Tiga risiko kesehatan terbesar:

Risiko terkontaminasi: 88

Risiko terkena penyakit dan infeksi: 77

Risiko terbakar, tersengat, dan tergigit: 69



4. Ahli anestesi/asisten anestesi/suster


Tingkat potensi terkena penyakit: 61,8

Deskripsi pekerjaan: Memberikan obat bius dengan menggunakan sejumlah metode yang sesuai dengan prosedur kesehatan.

Tiga risiko kesehatan terbesar:

Risiko terkena penyakit dan infeksi: 94

Risiko terkontaminasi: 79

Risiko terkena radiasi: 71,8


5. Dokter hewan


Tingkat potensi terkena penyakit: 60,3

Deskripsi pekerjaan: Mendiagnoasa, memeriksa dan meneliti penyakit pada hewan dan melakukan uji kesehatan di laboratorium.

Tiga risiko kesehatan terbesar:

Risiko terkena penyakit dan infeksi: 81

Risiko terbakar, tersengat, dan tergigit: 75

Risiko terkontaminasi: 74

(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini