Sukses

10 Negara Paling Mahal untuk Pelajar Asing (2)

Saat ini negara-negara di Asia telah menjadi tujuan untuk menimba ilmu bagi pelajar asing.

Selain Amerika Serikat (AS) dan negara Eropa menjadi tujuan pelajar asing untuk sekolah, saat ini negara-negara di Asia telah menjadi tujuan untuk menimba ilmu bagi pelajar asing.  Tak hanya pelajar dari Asia, tetapi juga dari negara Eropa dan AS.

Seperti dikutip dari The Richest, Kamis (10/10/2013), salah satu alasan Asia menjadi salah satu tempat untuk menimbal ilmu didukung dari biaya lebih murah dari Amerika Serikat dan juga didukung lingkungan, kualitas dan fasilitas.

Berikut 5 dari 10 negara termahal bagi mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan tinggi:
(Baca Juga: 10 Negara Paling Mahal untuk Pelajar Asing Bagian I)


6. Hong Kong

Biaya tahunan: US$ 13.182
Biaya hidup tahunan: US$ 9.261
Total biaya tahunan: US$ 22.443


Hong Kong menjadi pertimbangan untuk tempat menimba ilmu. Pelajar dari berbagai dunia datang ke Hong Kong untuk mendapat kualitas pendidikan lebih baik dan bagus dengan nilai yang baik pula. Institusi pendidikan di Hong Kong dipertimbangkan menjadi tempat terbaik untuk belajar dan mendapatkan gelar yang dikenal secara global.



7. Jepang


Biaya tahunan: US$ 6.522
Biaya hidup tahunan: US$ 12.642
Total biaya tahunan: US$ 19.164

Lebih dari 100 ribu mahasiswa asing belajar di Universitas Jepang. Jepang menjadi salah satu tujuan untuk melanjutkan pendidikan terutama pelajar dari China. Untuk masuk ke Universitas Jepang, pelajar asing harus lulus dari standar ujian yang disebut Examination for Japanese University Admission for International Students.

Salah satu hal yang membuat Jepang tempat menarik untuk belajar yaitu lingkungan akademik dan teknologi untuk belajarnya terutama elektro, kesehatan, dan program riset lainnya.


8. Rusia

Biaya tahunan: US$ 3.131
Biaya hidup tahunan: US$ 6.310
Total biaya tahunan: US$ 9.441


Begitu banyak tempat menjadi pilihan untuk belajar di Rusia. Negara ini memiliki lebih dari 600 universitas negeri dan swasta yang cukup baik. Biaya untuk belajar di Rusia tak menjadi masalah besar, karena menjadi tempat belajar baru yang tidak terlalu mahal.

Adapun lingkup pelajaran yang cukup populer antara lain seni, bahasa, hukum, matematika, dan science.


9. China

Biaya tahunan: US$ 3.983
Biaya hidup tahunan: US$ 4.783
Total biaya tahunan: US$ 8.766

Berdasarkan laporan, pada 2012, ada lebih dari 320 ribu pelajar asing lebih dari 180 negara datang ke China untuk belajar. China adalah rumah bagi banyak universitas kelas dunia dan telah berinvestasi baik dalam pendidikan tinggi.

Sebagian universitas ini mengajarkan bahasa Inggris sehingga mengetahui berbicara dan menulis dalam bahasa China bukan merupakan syarat untuk belajar di bidang teknik, ekonomi dan perdagangan.  Gelar yang diperoleh di China sangat diakui oleh sebagian besar negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang dan Perancis.


10. Taiwan

Biaya tahunan: US$ 3.270
Biaya hidup tahunan: US$ 4.987
Total biaya tahunan: Us$ 8.257

Jumlah pelajar asing yang belajar di Taiwan semakin meningkat. Saat ini jumlah pelajar asing mencapai 10 ribu. Sebelumnya sebagian besar pelajar dari negara tetangga Taiwan yang belajar di Taiwan, sekarang pelajar asing dari Amerika Serikat dan Eropa belajar di Taiwan.

Pelajar asing itu pergi ke Taiwan untuk belajar bahasa China, teknik, pertanian, bisnis,semi-conductor dan kehutanan. Meski baru-baru ini ada peningkatan untuk belajar keuangan, desain komunikasi, dan Mandari. Biaya pendidikan di sekolah Taiwan sama dengan biaya satu semester di universitas Amerika Serikat.

(Amh/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini