Sukses

Harga Daging Ayam Melesat ke Rp 42 Ribu per Ekor

Gonjang-ganjing harga kebutuhan bahan pangan di dalam negeri tak pernah habisnya. Giliran harga ayam yang terus bertengger tinggi.

Gonjang-ganjing harga kebutuhan bahan pangan di dalam negeri tak pernah habisnya. Giliran harga ayam yang terus bertengger tinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan di pasar. Akibat kondisi ini antusias pembelian ayam di masyarakat menurun.

Pantauan Liputan6.com di Blok C PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Selasa (24/9/2013), harga daging ayam masih tinggi. Seperti ayam ukuran besar masih bertengger di level Rp 40 ribu - Rp 42 ribu per ekor.

Sementara harga daging ayam sedang sebesar Rp 35 ribu per ekor- Rp 38 ribu per ekor dan harga daging ayam kecil sebesar Rp 25 ribu per ekor.

Pemilik kios ayam Blok C PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Suyatno (40) mengatakan, dalam seminggu terakhir ini harga ayam belum naik atau turun. Namun, diperkirakan harga ayam akan naik menjelang perayaan hari raya Idul Adha.

Kenaikan harga ayam karena peningkatan permintaan daging ayam untuk merayakan Idul Adha."Setiap tahunnya menjelang Idul Adha kebutuhan daging ayam melonjak tinggi, nah pasti akan ada kenaikan," tegas dia.

Masyarakat, menurut dia harus bersabar. Sebab dalam waktu dekat ini, harga daging ayam tidak akan naik maupun turun alias bertahan di level seperti saat ini.

Penjual daging lain, Solihun (43) mengatakan, aktivitas jual beli ayam semakin berkurang. Dengan demikian omset pedagang pun semakin berkurang.

Selanjutnya, pembelian baru akan kembali membaik menjelang perayaan Idul Adha. Di saat itu pula harga daging ayam ikut naik.

"Konsumen semakin berkurang, tapi di saat menjelang Idul Adha akan mengalami permintaan yang tinggi. Sehingga harga daging ayam akan mengalami kenaikan disaat Idul Adha nanti. Tapi saya tidak tahu berapa kenaikannya," jelas Solihun. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.