Sukses

Biar Gaji Tak Ludes, Hindari Mal & Jajan Berlebihan Saat Lebaran

Dapat Tunjangan Hari Raya (THR) saat lebaran merupakan hal yang dinanti para karyawan. Hati-hati memakainya, jangan sampai gaji ikut ludes.

Mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) saat lebaran merupakan waktu yang dinanti para karyawan. Maklum, jumlah THR bisa setara dengan satu kali gaji sang pegawai. Namun jangan salah, jika pengelolaannya tak terencana dengan matang, tak hanya TGR ya ng habis, tapi gaji Anda juga ikut ludes setelah lebaran selesai.

Certified Financial Planner Mike Rine Sutikno menyarankan agar para pegawai tetap waspada dalam mengelola keuangan khususnya saat mendapat THR. Perencana keuangan profesional ini mengatakan, tidak jalan-jalan ke mall saat lebaran bisa jadi salah satu cara untuk menekan pengeluaran.

"Agar tidak konsumtif saat lebaran, hindari jalan-jalan ke mall, itu juga bisa menekan pengeluaran," terang Mike saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Rabu (7/8/2013).

Selain itu, wanita yang juga aktif menulis buku dan artikel ini mengatakan, membuat anggaran untuk jajan saat lebaran juga bisa membuat para pegawai lebih bijak dalam menggunakan THR-nya.

"Jangan lupa, buat budget juga untuk jajan, karena kalau tidak, banyak orang jadi boros saat lebaran. Ada yang lewat di depan rumah seperti somay misalnya, langsung dibeli, dan terus begitu" jelasnya.

Lebih lanjut Mike menyarankan, para pegawai sebaiknya memiliki dua anggaran saat lebaran yaitu anggara THR dan anggaran gaji. Hal ini agar para pegawai tak mencampuradukan keperluan lebaran dan keperluan sehari-harinya.

"Uang THR sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan lebaran saja, seperti beli baju lebaran, kue-kue lebaran, dan salam tempel misalnya. Kalau ada sisa ya bisa ditabung," tandasnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini