Sukses

Hatta : Saya Kecewa, Uang Ada Tapi Belanja Pemerintah Tak Jalan

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan kekecewaannya lantaran pasokan kebutuhan yang harusnya mengucur di pasar tapi tertahan.

Prediksi pemerintah harga kebutuhan bahan pokok akan turun pada pertengahan Ramadan hingga menjelang Lebaran, ternyata tak terbukti.

Bukannya turun, harga-harga terus beranjak naik, bahkan menyentuh komoditas yang sebelumnya tak mengalami kenaikan.

"Tampaknya harga-harga ini masih akan terus bertahan, atau belum menunjukkan perbaikan pada harga," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, saat akan mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Di lain sisi, Hatta mengungkapkan kekecewaannya lantaran pasokan kebutuhan yang harusnya mengucur di pasar tapi tertahan karena berbagai faktor.

Seperti impor yang telat atau pembelian yang tak terealisasi atas sejumlah komoditi utama. "Saya agak kecewa dengan belanja pemerintah. Yang duitnya sudah ada, tinggal belanja saja tidak bisa jalan, ini mengecewakan," tegas Hatta.

Karena itu, Hatta menilai perlu adanya semacam penilaian yang objektif atas kinerja aparat pemerintah agar bisa diketahui siapa yang benar-benar kerja dan tidak. "Harus ada upaya untuk memberikan reward and punishment agar bisa kerja lebih kenceng lagi," tegas dia.

Selain soal harga, Hatta juga menyorot tingginya inflasi sepanjang Ramadan ini yang memang sudah bisa ditebak. Kini, pemerintah berusaha untuk menurunkannya seiring berakhirnya konsumsi selama Ramadan. "Inflasi memang tinggi, 3,29%, tapi kita harapkan Agustus sudah menurun," lanjut dia. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.