Sukses

Bayar Tol Atas Laut Pertama RI Bisa Pakai Uang Elektronik

PT Bank Mandiri menjamin kartu mandiri e-money sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di tol atas laut pertama di Bali.

Meski masih dalam proses penyelesaian tahap akhir, jalon tol atas laut pertama di Bali telah menarik perhatian sejumlah perusahaan lain. Salah satunya adalah PT Bank Mandiri yang akan mengimplementasikan sistem pembayaran Bali Tol menggunakan kartu Mandiri e-Money.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, salah satu produk Mandiri e-money ini bisa langsung dinikmati masyarakat Bali sekitar Agustus 2013.

Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, kartu e-money yang telah diterbitkan hingga akhir Juni mencapai 3,12 juta kartu dan diharapkan dapat meningkat menjadi 3,5 juta kartu pada akhir tahun ini.

Selain Bali Tol, Bank Mandiri mengungkapkan, kartu Mandiri e-money juga telah digunakan di 13 ruas tol dengan jumlah gardu pembayaran mencapai 811 gardu tol.

Ke-13 ruas tol tersebut meliputi, ruas tol Cawang – Tomang – Cengkareng, Cawang – Tanjung Priok – Pluit, Cikupa – Anyer, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta Lingkar Barat Satu (JLB), Bogor Outer Ring Road (BORR), Jakarta – Cikampek (gerbang Pondok Gede – Cikarang), Jagorawi (gerbang Taman Mini – Cibubur), Jakarta – Tangerang, Palikanci, Semarang, Surabaya-Gempol dan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Khusus untuk pembayaran tol, bank pelat merah ini juga telah mengembangkan layanan e-Tollpass dengan menggunakan perangkat On Board Unit (OBU).

Dengan layanan ini, pengguna dapat membayar tol tanpa perlu berhenti dan membuka kaca mobil, tetapi cukup melintasi gerbang tol bertanda e-Tollpass.

Saat ini, terdapat 50 Gardu Tol Otomatis (GTO) yang bisa melayani transaksi e-Tollpass dan  jumlah GTO/e-Tollpass ditargetkan akan menjadi 111 buah hingga akhir 2013.

Incar Pengguna Kereta

Disamping pengguna jalan tol, Bank Mandiri sejak Mei 2013 juga telah membidik pengguna bus Transjakarta untuk dapat mengunakan kartu mandiri e-money di 10 rute perjalanan (koridor). Sukses dengan programnya itu, Bank Mandiri juga berencana melakukan sinergi lainnya berupa kerjasama dengan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (persero), PT Railink dan PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ), dalam mengimplementasikan sistem pembayaran elektronik kereta api bandara Kualanamu, Medan dan kereta komuter Jabodetabek pada semester 2 tahun ini.
 
Melalui kerjasama tersebut, masyarakat pengguna kereta api bandara dan kereta komuter Jabodetabek, nantinya dapat melakukan pembayaran tiket dengan lebih mudah dan aman dengan kartu Mandiri e-money.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.