Sukses

Perempuan Indonesia Pimpin Asosiasi Pengusaha Kapal se-Asia

Terpilihnya perempuan Indonesia sebagai Presiden ASA merupakan suatu kepercayaan dan tanggung jawab yang mesti dijalankan dengan penuh komitmen dan dedikasi untuk seluruh anggota pelaku usaha pelayaran se-Asia ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto terpilih sebagai Presiden Asian Shipowners’ Association (ASA), atau asosiasi pengusaha kapal se-Asia ke-34 periode 2024-2025.

Terpilihnya Carmelita sebagai Presiden ASA saat Annual General Meeting (AGM) ke-33 ASA pada 28 Mei 2024 di Hong Kong. Ini menjadikan Carmelita Hartoto sebagai perempuan yang kini memimpin tiga posisi asosiasi pelayaran di tahun yang sama yakni INSA, ASA, dan Federation of ASEAN Shipowners’ Association (FASA).

Carmelita mengatakan, terpilihnya dirinya sebagai Presiden ASA merupakan suatu kepercayaan dan tanggung jawab yang mesti dijalankan dengan penuh komitmen dan dedikasi untuk seluruh anggota pelaku usaha pelayaran se-Asia ini. 

"Saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai Presiden ASA. Kepercayaan ini akan saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab, dengan komitmen agar ASA bisa semakin diakui di komunitas pelayaran internasional," kata Carmelita melalui pernyataan tertulis, Rabu (29/5/2024).

Untuk diketahui, ASA merupakan asosiasi pemilik kapal dari berbagai negara Asia, semisal China, Hong Kong, Jepang, Korea, Cook Island, dan negara-negara di ASEAN. Menurut UNCTAD Handbook of Statistics 2022, separuh tonase kapal di dunia dimiliki oleh para pelaku usaha di Asia. 

ASA juga memiliki associate member seperti Baltic Exchange (Asia) Pte Ltd, Culmen International, Interasia Lines, Ltd. International Registries (Far East) Ltd Singapore Branch, Isle of Man Ship Registry, Liberian Registry, MarTrust Corporation Ltd, MSC Mediterranean Shipping Company SA, Panama Maritime Authority, U-Ming Marine Transport (S) Pte. Ltd. Wan Hai Lines Ltd. dan Waypoint Port Services Singapore Pte Ltd.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Posisi Indonesia

Lebih lanjut, Carmelita berharap, kepemimpin dirinya di ASA akan berkontribusi, khususnya untuk meningkatkan pengaruh FASA dan INSA di komunitas pelayaran, sehingga akan memberikan kesempatan kepada FASA dan INSA memperjuangkan kepentingan anggota di level Asia. 

Selain itu, kepemimpinannya di ASA merupakan kesempatan bagi para pelaku usaha di Indonesia dan ASEAN untuk berjejaring dan bekerjasama lebih luas dengan asosiasi pelayaran lainnya di Asia dan global. 

"Peran saya di ASA ini semoga bisa semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang berperan penting dalam maritim regional dan global," tutup dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini