Sukses

Harga Tiket Garuda Indonesia Mahal, Begini Respon Dirut

Dibilang jual harga tiket pesawat kemahalan, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengklaim tak menaikan secara signifikan

Liputan6.com, Jakarta Dibilang jual harga tiket pesawat kemahalan, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengklaim tak menaikan secara signifikan harga tiket Garuda Indonesia sejak lima tahun terakhir.

"Dibilang harga tiket mahal, yang bilang siapa? Mau kemana? Jam berapa? Hari apa? Harga tiket kita sudah enggak naik sejak 5 tahun terakhir loh, 5 tahun!" Tegas Irfan, saat pemaparan hasil RUPST Garuda Indonesia ditulis Kamis (23/5/2024).

Garuda Indonesia ditegaskan Irfan, tetap mengikuti regulasi Pemerintah soal batas atas dan batas bawah harga tiket pesawat.

Operasional Naik

Tapi selama tidak menaikan harga tiket tersebut, malah kenaikan bahan bakar pesawat atau avtur sudah beberapa kali naik.

Belum lagi adanya kebijakan kenaikan airport tax yang naik hingga 100 persen, serta kenaikan gaji pilot, awak kabin, para pegawai, direksi yang bertambah kini menjadi 6 orang, dan hal sebagainya.

"Semuanya naik, serba naik, gimana kita bisa untung? Seluruh Cost naik. Sementara handphone saya ini bolak balik, pak saya minta tiket, saya kehabisan tiket, jadi ini yang ngeluh tiket mahal ya enggak nyambung ini," ujar Irfan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebanding dengan Pelayanan

Meski dinilai lebih mahal, Dirut Garuda memastikan, apa yang dibayar kostumernya sebanding dengan pelayanan yang diberikan. Seperti kenyamanan selama penerbangan, makanan yang enak, penerbangan on time tidak delay, dan lain sebagainya.

"Makanan enak, ada nasi gulai. Pilot gue enggak tidur. Bayar mahal itu salah satunya untuk membayar biar pilot enggak tidur,"tegasnya.

Meski begitu, Irfan mengaku, dirinya bukan lah pimpinan yang budeg dan keras kepala tak memikirikan aspirasi dari masyarakat yang menyampaikan bila harga tiket Garuda Indonesia kemahalan.

Sebab, ada alternatif lain bisa terbang dengan Garuda Indonesia dengan harga yang relatif murah. Seperti, pesan tiket dari jauh-jauh hari untuk bepergian atau berlibur.

"Pesan tiket dari dua atau tiga bulan, ke Bali misalnya. Atau berangkat di hari Minggu, pulang di hari Kamis, itu diskonnya bisa sampai 40 persen,"kata Irfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini