Sukses

Elon Musk Luncurkan Starlink di Bali 19 Mei 2024, Ini Lokasinya

pendiri SpaceX Elon Musk akan meluncurkan internet satelit Starlink di Bali. Nantinya Elon Musk akan ditemani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah jajarannya

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengkonfirmasi kehadiran pendiri SpaceX, Elon Musk akan meluncurkan layanan internet satelit Starlink di sela-sela kegiatan World Water Forum ke-10 Bali, Minggu, 19 Mei 2024.

Elon Musk rencananya akan meresmikan peluncuran Starlink di salah satu puskesmas yang berlokasi di Bali. Setelahnya, ia bakal tetap bertahan di Pulau Dewata untuk mengikuti sekaligus jadi salah satu pembicara pada WWF ke-10.

"Hadir, Elon Musk hadir besok meresmikan Starlink di satu puskesmas di Denpasar. Kemudian tanggal 20 Elon Musk akan speech di pembukaan KTT World Water Forum ke-10," ujar Usman saat ditemui di kegiatan Balinese Water Purification Ceremony, Bali, Sabtu (18/5/2024).

Usman mengatakan, Elon Musk nantinya akan ditemani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah jajarannya. "Nanti ada pak Presiden, pak Menko Marves (Luhut Binsar Pandjaitan), kemudian Menkes (Budi Gunadi Sadikin) dan Menkominfo (Budi Arie Setiadi)," paparnya.

Adapun kehadiran salah satu triliuner terkemuka dunia ini di Bali tidak memohon permintaan spesial apapun. Elon Musk nantinya akan diberlakukan sama seperti para pejabat dunia lain sebagai tamu 10th World Water Forum Bali 2024.

 

"Enggak ada saya kira. Semua harus comply dengan aturan kita. Misalkan dia harus berbadan hukum Indonesia, sudah kan dia. Bikin PT Starlink Indonesia, kira-kira gitu," imbuh Usman.

 

Konfirmasi Luhut

Kedatangan Elon Musk ini sebelumnya telah diinformasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Rapat Kerja Teknis Bareskrim Polri di Kuta, Kabupaten Badung, Bali beberapa waktu lalu.

Luhut mengatakan, peluncuran Starlink oleh Jokowi dan Elon Musk akan dilakukan di sela-sela kegiatan World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

"Elon Musk nanti juga akan meresmikan (bersama) Presiden mengenai Starlink, yaitu untuk mempermudah komunikasi kita di daerah-daerah terpencil. Akan dilakukan nanti pada hari Minggu," ujar Luhut.

Tak hanya sekadar meluncurkan Starlink, Elon Musk pun dijadwalkan bakal jadi salah satu pembicara di WWF 2024 Bali. "Nanti juga Elon diundang sebagai pembicara publik di pembukaan dari WWF," imbuh Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Starlink Masuk Indonesia, Bagaimana Persiapan Indonet?

Internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink, bakal segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024. Direktur Utama PT Indointernet Tbk (EDGE), Andy Rigoli mengatakan, hadirnya Starlink di dalam negeri dapat disikapi dengan bijak.

Alih-alih menganggapnya sebagai kompetitor, Andy mengatakan kehadiran Starlink dapat membawa lebih banyak pengguna internet. Artinya, itu juga bisa mengakselerasi ekonomi digital.

"Apapun yang membawa lebih banyak data traffic ke negara adalah hal yang positif bagi seluruh industri. Saya mengerti bagaimana orang-orang melihat Starlink dan menganggapnya sebagai kompetitor, tapi segalanya yang menaikkan jumlah data yang digunakan akan membantu semua perusahaan," kata Andy, dikutip Sabtu (11/5/2024).

Lebih jauh, Andy mengatakan jika Starlink bisa membawa data yang lebih mudah ke pengguna terakhir, itu akan menjadi hal yang positif bagi sebaran jaringan di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Perseroan bisa menangkap peluang dari sisi penyediaan jaringan fiber dan data center.

 

3 dari 3 halaman

Berdampak Positif

"Jadi saya pikir Starlink adalah hal yang positif, akan membawa lebih banyak pengguna ke internet. Itu akan menciptakan lebih banyak trafik... Kita akan perlu menginvestasikan lebih banyak fiber dan membangun lebih banyak data center. Jadi secara umum Starlink adalah hal positif, bukan hal negatif bagi kita," kata Andy.

Informasi saja, Indonet adalah penyedia layanan infrastruktur digital yang menawarkan berbagai solusi dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern yang terus berkembang. Perseroan menawarkan solusi infrastruktur digital yang memberikan akses multikonektivitas dan integrasi ke berbagai data center dan penyedia cloud global kepada pelanggan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.