Sukses

Ekspor Tembus Rp 14 Triliun, Pengusaha Harus Terlibat Jaga Penangkapan Tuna Indonesia

KKP mencatat nilai ekspor tuna asal Indonesia mencapai USD 927,2 juta atau setara Rp 14,7 triliun sepanjang 2023 lalu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat nilai ekspor tuna asal Indonesia mencapai USD 927,2 juta atau setara Rp 14,7 triliun sepanjang 2023 lalu. Melihat potensi itu, populasi tuna di perairan dalam negeri dinilai perlu diatur.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo mengatakan, penangkapan ikan tuna harus dilakukan secara berkelajutan. Dengan begitu, hasil tangkapan bisa dimanfaatkan sekaligus menjaga jumlah populasi di lautan.

“Tuna merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik, jadi tentu (penangkapannya) harus berkelanjutan agar bisa dinikmati oleh generasi saat ini dan masa depan," ucap Budi dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Dia mengatakan, upaya utama dalam menjaga keberlanjutan sumber daya ikan tuna adalah menerapkan praktik penangkapan yang bertanggung jawab dan menghindari eksploitasi, baik bagi para nelayan maupun pelaku usaha perikanan. Pemantauan populasi tuna secara terus-menerus dilakukan untuk memelihara kelestariannya.

Keberlanjutan Tuna

Guna memperkuat hal tersebut, pemerintah menggandeng Marine Stewardship Council (MSC) untuk memastikan keberlanjutan tuna dan mengurangi dampak penangkapannya terhadap ekosistem laut. MSC merupakan organisasi non-pemerintah yang berfokus dalam ketertelusuran sumber tuna.

Indonesia sendiri merupakan produsen tuna terbesar di dunia dengan jumlah produksi sekitar 19,1 persen dari total pasokan tuna dunia. Jumlah produksi tersebut meningkat dan mencapai 1,5 juta ton pada tahun 2023.

Nilai ekspor tuna Indonesia (termasuk cakalang dan tongkol) pada tahun 2023 sebesar USD 927,2 juta. Kontribusi tuna Indonesia telah mencapai 16,47 persen dari total nilai ekspor perikanan Indonesia. Komoditas ini diekspor ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Italia, Jepang, Vietnam, Australia, dan Singapura.

"Artinya konsumen global semakin menyadari pentingnya produk tuna berkelanjutan. Dan kita sampaikan ke dunia, bahwa produk tuna yang dipasarkan dari Indonesia telah menerapkan prinsip-prinsip tersebut," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengusaha Terlibat

Tak cuma pemerintah, dalam menjaga populasi tuna di perairan Indonesia juga perlu dilakukan oleh pelaku usaha. Salah satunya datang dari Aruna Indonesia.

Startup yang bergerak di bidang penjualan ikan terintegrasi ini menyatakan perhatiannya dalam penangkapan tuna yang berkelanjutan.

"Sejalan dengan komitmen Indonesia, Aruna senantiasa menerapkan praktik penangkapan tuna yang bertanggung jawab untuk mendukung keberlanjutan populasi tuna dengan menyediakan produk tuna dari sumber yang berkelanjutan," ujar Co-Founder dan Chief Sustainability Aruna, Utari Octaviany.

Selain dari sisi pengusaha, Utari mengatakan konsumen produk tuna bisa ikut terlibat menjaga populasi. Beberapa cara diantaranya; pertama, membeli produk tuna dari sumber yang berkelanjutan. Kedua, mengurangi konsumsi tuna yang terancam punah. Ketiga, mendukung program pelestarian tuna

"Dengan menerapkan praktik penangkapan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan ketersediaan protein terbaik bagi generasi penerus, sekaligus menjaga kesehatan dan keseimbangan ekosistem laut," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

5 Jenis Tuna di Indonesia

Beragam jenis tuna yang hidup di perairan Indonesia menunjukkan besarnya potensi negara ini dalam industri tuna. Setidaknya, terdapat lima spesies tuna yang menjadi komoditas unggulan Indonesia, yaitu:

  • Bigeye Tuna (Tuna Mata Besar), dikenal dengan matanya yang besar dan tubuhnya yang kuat
  • Yellowfin Tuna (Tuna Sirip Kuning), salah satu tuna yang sangat gesit di laut
  • Albacore (Albakora), yang digemari karena kelembutan dagingnya
  • Skipjack Tuna (Cakalang), sangat umum ditemukan di seluruh perairan Indonesia
  • Southern Bluefin Tuna (Tuna Sirip Biru Selatan), spesies tuna terbesar di dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini