Sukses

10 Negara dengan Tingkat Kesejahteraan Karyawan Tertinggi, Ada Tetangga Indonesia

Simak daftar 10 negara dengan proporsi penduduk tertinggi yang berhasil dan mendapat kesejahteraan dalam karirnya.

Liputan6.com, Jakarta Laporan Gallup State of the Global Workplace tahun 2024 menunjukkan, 34% responden pekerja global mengatakan mereka telah  berhasil, sementara 58% mengatakan mereka masih tahap berjuang.

Sekitar 8% dari pekerja yang disurvei Gallup secara global juga mengaku "menderita" di tempat kerja.

"(Mereka yang hidup makmur) melaporkan lebih sedikit masalah kesehatan dan lebih sedikit kekhawatiran, stres, kesedihan, kesepian, depresi dan kemarahan. Mereka melaporkan lebih banyak harapan, kebahagiaan, energi, minat dan rasa hormat," ungkap Gallup dalam studinya, dikutip dari CNBC International, Jumat (14/6/2024).

Negara-negara Eropa mendominasi daftar pekerja yang mengaku telah berhasil, dengan tujuh negara masuk dalam 10 besar.

Kawasan ini mencatat persentase terendah dari pekerja yang mengatakan bahwa mereka masih menunggu atau secara aktif mencari pekerjaan baru.

Laporan tersebut menyoroti bahwa Eropa juga mencatat persentase regional terendah dalam jumlah karyawan yang terlibat, yaitu sebesar 13%.

Sebaliknya, peringkat Amerika Serikat lebih rendah dalam hal perlindungan tenaga kerja, namun lebih tinggi dalam hal keterlibatan karyawan.

Berikut adalah 10 negara dengan proporsi penduduk tertinggi yang menyatakan telah berhasil dan mendapat kesejahteraan dalam karirnya, menurut studi Gallup:

  1. Finlandia: 83%
  2. Denmark: 77%
  3. Islandia: 76%
  4. Belanda: 71%
  5. Swedia: 70%
  6. Israel: 69%
  7. Norwegia: 67%
  8. Kosta Rika: 62%
  9. Belgia: 60%
  10. Australia: 60%

Penilaian Kesejahteraan Pekerja di Seluruh Dunia

Studi Gallup didasarkan pada evaluasi kehidupan secara keseluruhan, yang menggabungkan persepsi responden tentang posisi mereka saat ini dan di masa depan.

Studi ini berupaya menilai kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan, dan mengukur keterlibatan melalui pengalaman positif seperti berkembang dan bersenang-senang, serta pengalaman negatif seperti stres, kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, dan kesepian.

Gallup World Poll menyurvei populasi orang dewasa di lebih dari 160 negara dan wilayah di seluruh dunia. Data untuk laporan ini dikumpulkan pada tahun 2023 mencakup hasil dari lebih dari 128.000 responden yang bekerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Negara Ini Dinobatkan Destinasi Bisnis Terbaik Dunia

Singapura, Denmark, dan Amerika Serikat dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis.

Penilaian itu dipublikasikan dalam pemeringkatan bisnis oleh Economist Intelligence Unit.

"Singapura akan tetap menjadi negara dengan geografi terbaik di dunia untuk melakukan bisnis, seperti yang terjadi selama 16 tahun terakhir," ungkap Country Forecast Manager EIU dan analis Eropa Prianthi Roy, dikutip dari CNBC International, Rabu (3/4/2024).

EIU menilai, faktor-faktor yang mendorong posisi Singapura sebagai tujuan bisnis utama adalah stabilitas politik dan fokus pemerintah dalam membantu perusahaan-perusahaan sektor swasta dalam negeri untuk meningkatkan teknologinya.

Setelah Singapura ada Denmark dan AS, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

(Denmark) dengan fundamental makroekonomi yang kuat dan transportasi berkualitas tinggi serta infrastruktur digital menjadikannya sebagai salah satu lokasi bisnis paling menarik di dunia,” kata Roy.

Peluang pasar akan tetap menguntungkan di AS, terutama dengan sedikitnya pembatasan terhadap perdagangan luar negeri dan investasi di AS, tambahnya.

"Singapura, Denmark, dan AS diproyeksikan memiliki lingkungan bisnis terbaik selama lima tahun ke depan," tulis EIU dalam laporannya.

Daftar Negara

Berikut adalah 10 negara terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis menurut EIU:

  1. Singapura (rangking: 8.56)
  2. Denmark (rangking: 8.41)
  3. AS (rangking: 8.40)
  4. Jerman (rangking: 8.35)
  5. Swiss (rangking: 8.33)
  6. Kanada (rangking: 8.31)
  7. Swedia (rangking: 8.29)
  8. Selandia Baru (rangking: 8.26)
  9. Hongkong (rangking: 8.24)
  10. Finlandia (rangking) 8.22

"Semua negara-negara tersebut adalah negara-negara maju dan memiliki kinerja kuat dalam indeks kami sejak lama, sehingga cenderung menjadi pilihan yang aman untuk investasi," jelasnya, namun memperingatkan bahwa tingkat pertumbuhan PDB per kapita dan headline cenderung tetap stabil dan relatif lambat.

3 dari 3 halaman

Negara-negara dengan Perkembangan Terbaik

Menurut EIU, beberapa negara dengan perkembangan besar yang mendapat nilai bagus dalam indeks ini adalah negara-negara seperti Yunani, Qatar, dan India.

Yunani mengalami peningkatan terbesar dalam iklim bisnis dalam indeks EIU karena reformasi yang dilakukan oleh pemerintahnya yang pro-bisnis.

Reformasi pasar bebas yang dijanjikan oleh Presiden Argentina Javier Milei, yang bertujuan untuk meningkatkan perusahaan swasta dan menarik investasi asing, mendorong peningkatan tajam peringkat negara tersebut ke peringkat kedua dalam lingkungan bisnis yang paling baik, EIU menilai.

"India adalah satu-satunya pasar di satu negara yang menawarkan potensi skala yang sebanding dengan Tiongkok," kata laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa profil demografis muda di negara itu menjadi pertanda baik bagi angkatan kerja dan permintaan di masa depan.

India menduduki peringkat ketiga dalam daftar lingkungan bisnis yang paling maju versi EIU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini