Sukses

Wujudkan Swasembada Pangan, Satgas Pangan TNI Dukung Program Pompanisasi dan PAT dari Kementan

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes TNI mengecek jalannya program pompanisasi dan perluasan areal tanam (PAT) di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian terus meningkatkan produktivitas nasional untuk mewujudkan swasembada dan lumbung pangan dunia di Indonesia. Salah satu langkah yang terus dilakukan adalah lewat program pompanisasi dan Perluasan Areal Tanam (PAT).

Program pompanisasi dan PAT itu pun didukung oleh berbagai pemangku kepentingan di Indonesia seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI). Lewat Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Mabes TNI mengecek jalannya program tersebut di Jawa Tengah.

Kepala Satgas Pangan Mabes TNI, Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan bahwa pompanisasi adalah program masa depan bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara terkuat di dunia sehingga ke depan tidak perlu impor lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Petani dan pertanian adalah tulang punggung negara, juga menjadi pahlawan bangsa. Oleh sebab itu, program ketahanan pangan ini, khususnya pompanisasi bisa membantu suksesnya produktivitas pangan sehingga nantinya Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari negara lain," katanya.

Rizal menegaskan, TNI akan mengawal sekaligus mendukung penuh upaya kementan saat ini. Ia menginginkan, Indonesia menjadi tumpuan dan harapan berbagai negara dalam mengakses pangan yang berkelanjutan.

"Harapan kami kita semua sama-sama mengabdikan diri pada bangsa dan negara melalui sektor pertanian," tegasnya. 

"Dan kita juga bisa memperkuat visi misi bersama yaitu mewujudkan program ketahanan pangan di seluruh Indonesia," jelas Rizal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Produksi Nasional

Kepala Desa Bligo, Sukiyanto mengapresiasi atas kolaborasi TNI dan Kementan dalam memenuhi kebutuhan air di wilayahnya. Ia yakin, dengan fasilitas pompa maka perluasan tanam yang dilakukan dapat mempercepat meningkatkan produksi nasional.

"Kami selaku Kades mewakili rekan rekan petani sangat berterima kasih kepada jajaran Kementan dan TNI dalam penyediaan pompa dan memang inilah yang kami butuhkan untuk meningkatkan produktivitas," ucapnya.

Sebagai informasi, pengecekan ini turut dihadiri Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, Kasdim Mayor Inf Joko Nugroho, Pabanda Wanmil Sterdam Kodam IV/ Diponegoro Mayor Inf Wongso, para Perwira Staf Kodim, Danramil 18/ Ngluwar, Babinsa, Petugas PPL di masing-masing dusun dan anggota kelompok tani di wilayah Kecamatan Ngluwar.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini