Sukses

Jadi Lokasi Paling Horor saat Mudik, Menhub Bakal Evaluasi Pelabuhan Merak dan Tol CIpali

Kemenhub akan memetakan kembali tiga titik yang menjadi lokasi paling menantang pada pelaksanaan mudik lebaran tahun 2024 di tahun berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta Kemenhub akan memetakan kembali tiga titik yang menjadi lokasi paling menantang pada pelaksanaan mudik lebaran tahun 2024 di tahun berikutnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyebut tiga lokasi tersebut diantaranya arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak dan Ketapang.

"Kita memetakan tiga tempat yang akan terjadi suatu hal yang mesti di atensi yaitu Merak, Cipali dan Ketapang dan alhamdulillah Ketapang lancar tetapi di dua tempat di Merak dan juga di Cipali kita harus melakukan pengamatan lebih jauh agar kita bisa melaksanakan ini dengan baik pada tahun-tahun mendatang," kata Menhub dalam penutupan posko angkutan lebaran 2024, Jumat (19/4/2024).

Banyak Kecelakaan

Lebih lanjut, Menhub mengakui bahwa mudik jalur darat memang tempat paling menantang. Pasalnya, sering terjadi kecelakaan. Misalnya, kecelakaan maut yang merenggut banyak korban jiwa terjadi di KM 58 di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Senin (8/4/2024).

Kemudian, Kecelakaan Bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis pagi (11/4/2024). Akibatnya sebanyak 7 orang meninggal dunia dan 17 orang lainnya mengalami luka-luka dan harus dirawat do IGD.

Disisi lain, Menhub mengatakan angka kecelakaan pada momen mudik lebaran tahun ini menurun sebesar 8 persen. Menurutnya hal itu merupakan suatu pencapaian yang patut diapresiasi.

"Angka kecelakaan menurun drastis. Saya katakan ini suatu keberhasilan, tidak lain dengan kepemimpinan presiden yang hari ke hari memantau. Hari ke hari kita di telpon komunikasi dua arah antara kita," ujar Menhub.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Merak

Tak hanya di jalur darat, pada mudik tahun ini terjadi kemacetan panjang di Pelabuhan Merak. Kemacetan yang terjadi sejak Sabtu, 6 April 2024, baru terurai pada Senin, 8 April 2024.

Dari 42.000 unit kendaraan pemudik itu, nyaris 20.000 unit mobil datang di waktu bersamaan, sehingga mengular panjang keluar Pelabuhan Merak.

Lalu pada saat puncak arus mudik Lebaran 2024, ada sekitar 19.700 kendaraan pemudik yang belum memiliki tiket dan menyebabkan kemacetan hingga keluar Pelabuhan Merak.

Berkaca dari kejadian tersebut, Budi mengatakan untuk depannya Pemerintah akan melakukan pembenahan agar mudik lebaran di tahun selanjutnya bisa berjalan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.