Sukses

Empal Gentong dan Pempek Jadi Makanan Favorit Menteri Basuki saat Idul Fitri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, makanan yang dinanti saat merayakan Lebaran yakni empal gentong dan pempek.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Hari Raya Idul Fitri akan disuguhkan makanan khas yakni ketupat, sambal goreng ati dan dan lainnya. Makanan khas itu biasanya menjadi menu favorit.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, makanan yang dinanti saat merayakan Lebaran yakni empal gentong dan pempek.

Basuki menuturkan, tidak membuat ketupat sendiri saat Lebaran. Akan tetapi, Ia lebih menggemari makanan asal Cirebon dan Palembang tersebut dibandingkan dengan ketupat opor ayam.

"Nanti ini makan makanan favorit saya, pempek, empal gentong," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (10/4/2024), seperti dikutip dari Antara.

Basuki juga menyampaikan, tidak menyiapkan busana seragam Lebaran bersama keluarga. Sebab, Ia hanya berdua saja bersama sang istri, Kartina Nurani di Jakarta, sedangkan ketiga anaknya berkumpul dengan keluarga masing-masing.

"Ini anak saya kebetulan lagi di tempat mertua masing-masing, gilirannya begitu. Jadi kita cuma berdua, dua ada yang di Jogja (Yogyakarta) dan satu di Serpong," ujar dia.

Basuki bersama istri ibadah salat Ied di Masjid As Salam Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu. Basuki tiba pada pukul 06.30 WIB dengan mengenakan baju koko putih.

Setelah ibadah, Basuki mengatakan akan berziarah ke makam sejumlah mantan Menteri PUPR, dan selanjutnya menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk mengikuti kegiatan open house bersama Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Di Hari Raya Idul Fitri, Basuki berharap dapat terus melayani masyarakat, sebab sudah menjadi kewajibannya untuk melayani masyarakat Indonesia, khususnya terkait dengan peristiwa longsornya ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Mudah-mudahan masyarakat kita bisa mudik dengan baik. Karena mudik itu adalah the real happiness, apapun kalau mudik itu adalah the real happiness dan saya harus melayani itu dengan baik," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Menteri Basuki

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap dapat menjadi manusia lebih baik pada Lebaran 2024.

Selain itu, Basuki juga bersyukur dapat sepenuhnya menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan tugasnya sebagai menteri.

“Mudah-mudahan lebih baik ya, menjadi manusia yang lebih baik karena tiap minggu jalan sama Presiden (Joko Widodo), itu puasa benaran di lapangan. Tapi alhamdullilah bisa dilewati dengan baik, ibadah Ramadan dapat dilaksanakan semua lengkap, mudah-mudahan bisa lebih baik,” tutur Basuki setelah melaksanakan Salat Ied di Masjid As Salam Kementerian PUPR, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, ia juga berharap dapat terus melayani masyarakat di Hari Raya Idul Fitri.

Basuki menuturkan, sudah menjadi kewajibannya untuk melayani masyarakat Indonesia terutama terkait dengan peristiwa longsornya ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

“Mudah-mudahan masyarakat kita bisa mudik dengan baik. Karena mudik itu adalah the real happiness, apa pun kalau mudik itu adalah the real happiness dan saya harus melayani itu dengan baik,” kata Basuki.

Basumi menuturkan, selalu merasa sedih saat melihat orang mudik. Hal ini karena Basuki sudah tidak memiliki kedua orangtua sehingga tidak dapat lagi melakukan momen tahunan itu.

 Ia pun berusaha untuk secepat mungkin untuk menyelesaikan perbaikan Tol Bocimi, "Kalau melihat orang mudik saya masih bisa nangis, itu seng ada lawang kalau kata orang Ambon, the real happiness itu mudik, jadi memang kita harus layani itu dengan baik," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024. Keputusan itu disampaikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama.

"Berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia yang masuk kriteria Mabims serta adanya laporan hilal yang terlihat disepakati bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024," ujar Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/4/2024).

Sidang isbat ini dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat penentuan 1 Syawal dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, diperkirakan ijtimak akan terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB.

Saat matahari terbenam, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia diprediksi berada di atas ufuk antara 4° 52.71' hingga 7° 37.84', dengan sudut elongasi 8° 23.68' hingga 10° 12.94'.

"Berdasarkan kriteria Mabims, posisi hilal telah memenuhi kriteria visibilitas hilal dengan tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, dalam keterangan di Jakarta, pada Selasa 2 April 2024.

Kemenag menurunkan tim ke 120 lokasi di seluruh Indonesia untuk melakukan pemantauan hilal atau rukyatulhilal di berbagai provinsi.

4 dari 4 halaman

Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan dan Bersilaturahmi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momen Lebaran ini untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Jokowi dan Iriana yang tampak kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (9/4/2024).

"Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," Jokowi menambahkan.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Dia berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucapnya.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya dan senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," imbuh Iriana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.