Sukses

Tol Cimanggis-Cibitung dan Kapal Betung Gratis Mulai 4 April

PT Waskita Toll Road melalui anak usahanya akan mengoperasikan dua jalan tol secara gratis alias fungsional selama arus mudik dan balik mudik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Toll Road melalui anak usahanya akan mengoperasikan dua jalan tol secara gratis alias fungsional selama arus mudik dan balik mudik Lebaran 2024. Kedua ruas itu, antara lain Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Tol Kapal Betung) dan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci).

Guna membantu mengatasi kepadatan lalu lintas pada jalan nasional, PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) selaku pemilik konsesi jalan tol Kapal Betung akan membuka jalur fungsional situasional satu arah pada segmen Musi Landas-Pangkalan Balai sepanjang 22 km. Kebijakan itu dikhususkan bagi kendaraan golongan 1, yang akan diberlakukan selama 5-16 April 2024.

Pembukaan jalur fungsional situasional ini hanya berlaku pada pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB, dan berlaku gratis tanpa tarif.

Pada Jalan Tol Cimaci, PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) akan mengoperasikan secara fungsional seksi Nagrak-Cibitung sepanjang 19,65 km dengan satu jalur dan satu arah, untuk arus mudik yang berlaku dari Nagrak menuju Cibitung akan dibuka mulai 4-11 April 2024.

Arus Balik

Sedangkan untuk arus balik yang berlaku dari Cibitung menuju Nagrak akan dibuka mulai 12-16 April 2024. Jalur fungsional dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB, dan berlaku khusus untuk kendaraan kecil seperti sedan, jeep dan mini bus.

Adapun selama pengoperasian fungsional ini, seluruh akses gerbang tol (GT) difungsikan untuk keluar masuk jalan tol, kecuali pada GT Setu Utara yang hanya dapat digunakan untuk akses keluar tol.

President Director PT Waskita Toll Road Daniel Fitzgerald Liman menyampaikan, WST dan CCT masing-masing telah mempersiapkan segmen dan seksi yang akan digratiskan agar dapat dilalui sementara oleh pengguna jalan, serta rekayasa lalu lintas untuk memecah kepadatan lalu lintas di titik tertentu.

"Dengan dioperasikan secara fungsional Jalan Tol Kapal Betung segmen Musi Landas-Pangkalan Balai, diharapkan dapat memecah kepadatan lalu lintas di jalan nasional. Begitu juga Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang difungsionalkan pada Seksi Nagrak-Cibitung, diharapkan dapat memecah kepadatan lalu lintas pada titik tertentu. Sehingga dapat mengurangi waktu tempuh yang tadinya 60 menit menjadi 30 menit," jelasnya, Kamis (4/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diskon Tarif Tol

Selain tol gratis, Waskita Toll Road juga menerapkan diskon tarif untuk ruas Tol Pemalang-Batang dan Tol Krian-Legundi-Bunder (KLB).

PT Pemalang Batang Toll Road akan menerapkan diskon tarif pada Jalan Tol Pemalang-Batang sebesar 20 persen untuk seluruh golongan kendaraan, dengan asal tujuan perjalanan jarak jauh (Cikampek-Kalikangkung) dan sebaliknya.

Diskon ini berlaku saat arus mudik dari arah Cikampek menuju Kalikangkung mulai 3 April 2024 pukul 06.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 06.00 WIB. Serta arus balik dari arah Kalikangkung menuju Cikampek mulai 17 April 2024 pukul 06.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 06.00 WIB.

Sedangkan Jalan Tol KLB akan menerapkan diskon tarif mulai 3 April hingga 19 April 2024 untuk golongan II hingga V. Untuk golongan II dan III akan diterapkan diskon tarif sebesar 13,46-15 persen, dan golongan IV dan V akan diterapkan diskon tarif sebesar 34,78% hingga 36,25 persen.

Daniel mengatakan, penerapan diskon ini hanya berlaku di gerbang tol Jalan Tol KLB yakni GT Bunder Gresik, GT Cerme, GT Lebani Gresik, dan GT Belahan Rejo.

"Penerapan diskon tarif pada Jalan Tol Pemalang-Batang dan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder menjadi salah satu kontribusi WTR dalam menyambut libur Idul Fitri 2024 ini. Semoga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh para pengguna jalan," ujar Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini