Sukses

CEO Boeing Dave Calhoun Mau Mundur di Tengah Sorotan Soal Keselamatan

Dave Calhoun menjadi CEO Boeing pada awal 2020, menggantikan Dennis Muilenburg, yang diberhentikan setelah salah satu skandal paling serius di perusahaan tersebut..

Liputan6.com, Jakarta CEO Boeing, Dave Calhoun mengatakan akan mengundurkan diri pada akhir tahun ini. Keputusannya di tengah krisis yang berkembang terkait reputasi keselamatan perusahaan.

Boeing juga mengumumkan bahwa CEO divisi penerbangan komersial akan segera pensiun, dan pimpinannya tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih kembali.

Boeing sedang jadi sorotan ketika, sebuah pintu yang tidak terpakai meledak dari pesawat Boeing 737 Max tidak lama setelah lepas landas pada Januari lalu. Kejadian ini memberikan tekanan pada perusahaan.

Meskipun tidak ada yang terluka, standar keselamatan dan kontrol kualitas Boeing sekali lagi dipertanyakan. Banyak komentator percaya bahwa transisi kepemimpinan di Boeing sudah lama dibutuhkan. "Perombakan di tingkat atas diperlukan," kata Stewart Glickman Melansir BBC Ditulis Selasa (26/3/2024)

Analis ekuitas di CFRA Research, menambahkan, dia percaya masalah saat ini disebabkan oleh kelemahan dalam budaya perusahaan yang hanya dapat diperbaiki dengan wawasan baru.

"Saya rasa Anda tidak dapat mengubah budaya dengan suara internal karena saya rasa hal ini sudah terlalu lama terjadi di perusahaan ini," kata dia.

Calhoun menjadi CEO Boeing pada awal 2020, menggantikan Dennis Muilenburg, yang diberhentikan setelah salah satu skandal paling serius di perusahaan tersebut.

Dalam waktu lima bulan, dua pesawat 737 Max baru hilang dalam insiden yang hampir sama, menewaskan 346 penumpang dan kru.

Calhoun, yang saat itu menjabat sebagai anggota dewan, berjanji untuk memperkuat "budaya keselamatan" Boeing dan "membangun kembali kepercayaan" setelah ditunjuk sebagai CEO.

Namun, pada bulan Januari tahun ini, sebuah pintu darurat yang tidak berfungsi dengan baik meledakkan pesawat Boeing 737 Max milik Alaska Airlines tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Portland.

Analisis awal dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS menyimpulkan bahwa empat baut yang dimaksudkan untuk mengencangkan pintu ke pesawat belum dipasang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadapi Penyelidikan

Boeing menghadapi penyelidikan kriminal atas insiden tersebut, serta gugatan perdata dari para penumpang pesawat.

Dalam sebuah pesan kepada para karyawan pada hari Senin, Calhoun menggambarkan episode Alaska Airlines sebagai "momen penting" bagi Boeing, dan menyatakan bahwa perusahaan harus merespons dengan "kerendahan hati dan transparansi penuh".

"Mata dunia tertuju pada kita, dan saya tahu bahwa kita akan melewati momen ini sebagai perusahaan yang lebih baik," lanjutnya.

Juru kampanye keselamatan udara Ed Pierson, mantan manajer senior di bagian produksi 737 Boeing di Renton, Washington, mengatakan bahwa Calhoun memiliki waktu bertahun-tahun untuk meningkatkan keselamatan perusahaan.

"Kegagalan demi kegagalan telah terjadi," kata Pierson, yang kini menjabat sebagai direktur eksekutif The Foundation for Aviation Safety. 

"Perusahaan ini layak mendapatkan kepemimpinan yang jauh lebih baik dan orang-orang yang menaiki pesawat-pesawat ini layak mendapatkan kepemimpinan yang jauh lebih baik," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Tantangan dan Penyesuaian Kebijakan

Bencana ini menguji hubungan Boeing dengan para pelanggan maskapai penerbangan dan regulator, yang memicu kembali kekhawatiran bahwa budaya perusahaan lebih mengutamakan kecepatan daripada keselamatan.

Federal Aviation Administration (FAA) mengumumkan awal bulan ini menyebutkan, audit selama enam minggu terhadap proses produksi 737 Max di Boeing dan pemasoknya, Spirit Aerosystems, mengungkap beberapa contoh di mana perusahaan gagal mematuhi persyaratan kontrol kualitas manufaktur".

Temuan ini muncul tak lama setelah panel ahli yang menyelidiki budaya keselamatan Boeing menemukan adanya "keterputusan" antara manajemen tingkat tinggi dan personel biasa, serta indikator bahwa karyawan takut untuk mengungkapkan masalah karena takut akan hukuman.

Setelah dua kecelakaan jet pada Oktober 2018 dan 2019, ditemukan bahwa insiden tersebut disebabkan oleh perangkat lunak kontrol penerbangan yang rusak, fakta yang dituduh sengaja disembunyikan oleh Boeing dari pihak berwenang.

Perusahaan setuju untuk membayar USD 2,5 miliar (£1,8 miliar) untuk menyelesaikan tuduhan penipuan dan mengakui kebohongan, tetapi dalam sesi pengadilan berikutnya, perusahaan secara resmi mengaku tidak bersalah.

Perusahaan ini kemudian menghadapi tuduhan luas bahwa mereka telah memprioritaskan uang daripada nyawa penumpang.

Maskapai-maskapai penerbangan, termasuk Ryanair, telah memperingatkan akan kenaikan harga tiket dan pengurangan jadwal terbang karena keterlambatan pengiriman pesawat.

Keterlambatan ini telah merugikan Boeing miliaran dolar, sementara saingannya, Airbus, mendapatkan keuntungan. Perusahaan ini juga menghadapi kritik karena gagal berinovasi.

4 dari 4 halaman

Siapa Penggantinya?

Spekulasi telah dimulai tentang siapa yang akan menggantikan Calhoun, tetapi jumlah kandidat yang memenuhi syarat sangat sedikit.

Pakar transportasi udara John Strickland dari JLS Consulting memperingatkan bahwa kerja keras perusahaan masih jauh dari selesai.

"Menyingkirkan orang adalah hal yang bagus, namun apa yang akan Anda lakukan untuk tetap mempertahankan kemudi bisnis ini," ujar Strickland. "Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan."

Setelah pengumuman perubahan tersebut, saham perusahaan meningkat lebih dari 1%.Bersamaan dengan Calhoun, Stan Deal akan mengundurkan diri sebagai kepala segmen maskapai penerbangan komersial Boeing dengan segera. 

Dia akan digantikan Stephanie Pope, yang telah menjabat sebagai chief operating officer Boeing selama tiga bulan sebelumnya.

Larry Kellner, ketua perusahaan, juga akan pergi dan digantikan Steve Mollenkopf, mantan CEO Qualcomm dan anggota dewan di Boeing sejak tahun 2020. Dia akan memimpin pencarian CEO baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini