Sukses

Gandeng PO Swasta, DAMRI Siap Layani Permintaan Mudik Gratis Bus

DAMRI bersama dengan sejumlah stakeholder terkait juga mulai melakukan ramp check guna memastikan keamanan tiap armada bus.

Liputan6.com, Jakarta - Perum DAMRI bekerjasama dengan perusahaan otobus (PO) swasta untuk berpartisipasi dalam program mudik gratis 2024 angkutan Lebaran 2024 dengan menggunakan armada bus.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian RM Pohan mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melayani pemberangkatan mudik gratis oleh PT Pertamina (Persero) pada 3 April 2024, serta bersama Kementerian BUMN pada 5 April 2024.

"Terkait persiapan mudik, Alhamdulillah DAMRI itu kita akan melayani di tanggal 3 (April) di GBK. Kita kolaborasi sama Pertamina, kurang lebih sekitar hampir 100 armada. Mudik gratis juga dari Pertamina," jelasnya dalam sesi temu media di Jakarta, Senin (25/3/2024).

"Nanti tanggal 5 (April) yang diadakan Kementerian BUMN, di Monas. Kurang lebih 150an (armada), kita mengelola," ujar Pohan.

Dalam pengadaan armada, kata Pohan, mayoritas berasal dari PO swasta yang bekerjasama dengan DAMRI selaku operator. Sementara, ia menyebut yang berasal dari DAMRI sendiri hanya sekitar 30-40 armada bus.

"Sebenarnya bus kita tuh bus reguler, bukan bus pariwisata. Jadi kalau seandainya ambil yang reguler, kita ambil yang reguler kan. Makanya kita ada kerjasama dengan pihak swasta juga," imbuhnya.

Armada Cadangan 

Lebih lanjut, ia menyampaikan, DAMRI juga telah menyiapkan sejumlah armada cadangan untuk mengantisipasi jika ada lonjakan permintaan untuk program mudik gratis kali ini.

"Mengantisipasi lonjakan penumpang, kita sudah prepare armada cadangan juga di beberapa titik. Karena kan menurut pengalaman, kalau berangkatkan bus dari titik awal biasanya di tengah-tengah jauh banget, dan belum tentu kejar waktu," ungkapnya.

"Kita ada di Jakarta, Semarang, Yogya, Surabaya, malang, jadi armada cadangan sudah kita siapkan juga," dia menambahkan.

Ramp Check

Selain itu, DAMRI bersama dengan sejumlah stakeholder terkait juga mulai melakukan ramp check guna memastikan keamanan tiap armada bus. Perusahaan BUMN di bidang transportasi darat ini juga telah menyiapkan ganti rugi bagi penumpang jikalau terjadi keterlambatan.

"Untuk ramp check kita enggak dari internal. Dari Kementerian Perhubungan dan teman-teman daerah kita lakukan ramp check juga. Buat pelanggan, misal amit-amit ada keterlambatan, kita siapin service recovery, bisa jadi berupa makanan/minuman," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mau Mudik ke Lampung? Simak Rute, Tarif hingga Pemberhentian Baru Damri

Musim mudik Lebaran 2024 tinggal menghitung hari. Untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan, Damri membuka titip pemberhentian baru untuk rute perjalanan Jakarta - Lampung (PP).

Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan menjelaskan, perjalanan menuju Lampung selalu menjadi primadona pelanggan setelah rute Transjawa saat perayaan hari besar nasional termasuk di dalamnya saat mudik Lebaran.

 "Hal ini dibuktikan berdasarkan data penumpang pada Angkutan Hari Raya Idulfitri 1444 H, Damri melayani lebih dari 30 ribu orang. Kemudian, saat Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 Damri mencatat hampir melayani 27 ribu penumpang," kata Pohan dalam keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

Diketahui, arus mudik Lebaran 2024 untuk rute Jakarta - Lampung tercatat lebih dari 14 ribu penumpang berdasarkan data pada 22 Maret 2024 dan volume penumpang akan terus mengalami penambahan. Tarif layanan akan mengalami penyesuaian menjelang Lebaran.

Dengan tersedianya titik keberangkatan rute Jakarta - Lampung di Gambir, DAMRI senantiasa berupaya mewujudkan konektivitas antardaerah yang terintegrasi antarmoda dan mudah diakses masyarakat.

3 dari 3 halaman

Rute dan Tarif

Adapun jadwal operasional yang perlu diketahui pelanggan:

  1. Gambir — Bandar JayaTersedia keberangkatan dari loket DAMRI St. Gambir setiap hari pukul 21.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 280.000
  2. Gambir — Pasar Pulung KencanaTersedia keberangkatan dari loket DAMRI St. Gambir setiap hari pukul 20.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 310.000
  3. Gambir — Kota Bandar LampungTersedia keberangkatan dari loket DAMRI St. Gambir setiap hari pukul 10.00, 19.00, 20.00, 21.00, dan 22.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 255.000
  4. Bandara Jaya — Gambir Tersedia keberangkatan dari Bandar Jaya setiap hari pukul 17.30 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 280.000
  5. Pasar Pulung Kencana — GambirTersedia keberangkatan dari Pasar Pulung Kencana setiap hari pukul 15.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 310.000
  6. Kota Bumi Lampung — GambirTersedia keberangkatan dari Kota Bumi Lampung setiap hari pukul 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 295.000

Damri berharap dapat memperluas aksesibilitas dan konektivitas bagi masyarakat serta memperkuat hubungan ekonomi antarwilayah.

"Kami melihat potensi yang besar dalam mengembangkan pasar di Lampung, dan Damri siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan pilihan transportasi jalan yang nyaman, aman, dan prima," tutup Pohan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini