Sukses

Mau Mudik Lebaran Pakai Indonesia AirAsia? Ini Ketentuan Bagasi Kabin

Petugas Indonesia AirAsia akan melakukan pengecekan setiap bagasi kabin yang dibawa oleh penumpang saat keberangkatan untuk memastikan tas atau barang bawaan tidak melebihi berat maksimal yang telah ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sebentar lagi. Sebagai sebuah budaya, masyarakat Indonesia berbondong-bondong mudik pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. Maskapai berbiaya hemat Indonesia AirAsia mengingatkan bagi para penumpang yang akan mudik menggunakan pesawat untuk memperhatikan lagi ketentuan bagasi kabin.

Head of Government Relations and Corporate Communication Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi menjelaskan, para penumpang wajib mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 kg saja per orang.

"Jika melebihi dari berat yang ditentukan, kami menganjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan. Adapun biaya bagasi tambahan akan disesuaikan dengan kelebihan berat bawaan,” kata Eddy dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3/2024).

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 30 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara menentukan bahwa bagasi kabin untuk pesawat jet dan pesawat propeller di atas 30 tempat duduk dengan berat tujuh kilogram dengan ukuran sesuai dengan ketentuan Badan Usaha Angkutan Udara serta Barang Pribadi dengan ukuran, berat dan jenis sesuai dengan ketentuan Badan Usaha Angkutan Udara.

Eddy menambahkan Indonesia AirAsia pun patuh dan tunduk pada peraturan yang telah ditetapkan tersebut. Hal ini juga akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan, dimana proses pemeriksaan keamanan akan lebih cepat, penumpang akan mendapatkan ekstra ruangan untuk penyimpanan serta jam keberangkatan yang tepat waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Bagai Masuk Kabin

Eddy Krismeidi melanjutkan, untuk bagasi yang di dalam kabin pun ada aturannya. Pemudik tidak bisa sembarangan membawa tas atau koper masuk ke kabin.  

Syarat bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg:

  1. Kombinasi 1 tas atau barang bawaan + 1 tas kecil = maksimal 7 kg
  2. Untuk tas atau barang bawaan pertama memiliki ukuran 56 cm x 23 cm x 36 cm
  3. Untuk tas kecil tidak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 10 cm

Petugas akan melakukan pengecekan setiap bagasi kabin yang dibawa oleh penumpang saat keberangkatan untuk memastikan tas atau barang bawaan tidak melebihi berat maksimal yang telah ditentukan.

Bagi penumpang yang memiliki kelebihan berat barang bawaan namun tetap ingin memasukkan ke dalam kabin, Indonesia AirAsia memberikan opsi tambah produk add on 7 kg Xtra Carry-On dengan berat keseluruhan barang bawaan maksimal 14 kg.

Xtra Carry-On bisa didapatkan dengan melakukan pembelian langsung bersamaan dengan tiket pesawat melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) dan situs airasia.com.

Patut diketahui, Xtra Carry-On memiliki persediaan terbatas dan hanya berlaku di penerbangan rute Internasional.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Tiket

Indonesia AirAsia terus meningkatkan pelayanan untuk menjawab kebutuhan penumpang sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia. Promo menarik dan informasi lainnya dapat diperoleh melalui Twitter, Facebook, dan Instagram.

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp), situs airasia.com, biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email.

Indonesia AirAsia juga kerap menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, para penumpang juga dianjurkan untuk tiba di terminal keberangkatan paling lambat 3 jam sebelum waktu keberangkatan sesuai waktu yang tertera pada boarding pass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.