Sukses

Mudik Gratis 2024 Pelni Sudah Dibuka, Cek Cara Daftar dan Syaratnya

PT Pelni (Persero) mengadakan Mudik Asyik bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyediakan 315 tiket perjalanan gratis di Kapal Motor (KM) Labobar pada rute Balikpapan-Makassar.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelni (Persero) mengadakan Mudik Asyik bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyediakan 315 tiket perjalanan mudik gratis di Kapal Motor (KM) Labobar pada rute Balikpapan-Makassar.

"Pendaftaran mudik gratis telah dibuka sejak 16 Maret 2024 dan ditutup pada 3 April 2024," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Evan Eryanto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa. Jadwal keberangkatan angkutan Lebaran alias mudik gratis dengan KM Labobar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju Makassar itu, pada 5 April 2024.

"Masyarakat yang berminat segara daftarkan diri karena keterbatasan jatah tempat di kapal itu," ujarnya.

Masyarakat yang berminat Mudik Asyik bersama BUMN bisa mengisi formulir yang tersedia secara daring (online), kata dia, di alamat tautan atau link bit.ly/MudikBersamaBUMNPELNI2024.

Persyaratannya, wajib melampirkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), kemudian mengunduh aplikasi Pelni Mobile yang tersedia di playstore atau appstore. Jika belum berusia 17 tahun atau belum memiliki KTP bisa menunjukkan KK, dan pendaftaran yang lolos verifikasi akan diinformasikan melalui pesan whatsapp.

Mudik Asyik bersama BUMN 2024 dengan menggunakan kapal Pelni, menurut dia, merupakan pelaksanaan program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari perusahaan pelayaran milik negara itu.

KM Labobar memiliki kapasitas dapat mengangkut penumpang hingga 3.000 orang, dengan rute atau tujuan reguler Surabaya-Balikpapan-Pantoloan-Bitung-Ternate-Sorong-Manokwari-Nabire-Serui-Jaya Pura.

Sebanyak 3.408 pelampung penyelamat (life jacket) dewasa dan 212 untuk anak-anak melengkapi KM Labobar untuk keamanan dan keselamatan pelayaran. Kemudian kapal buatan Jerman itu juga memiliki sekoci dengan total kapasitas 1.358 penumpang dan 119 unit perahu karet dengan total kapasitas 2.975 penumpang, kata Evan Eryanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota Mudik Gratis 2024 Bakal Ditambah? Ini Kata Kemenhub

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis 2024 untuk masa Lebaran 2024. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto mengungkapkan ada 58.694 penumpang dan 17.880 sepeda motor yang mengikuti program mudik gratis ini.

"Sudah kami siapkan mudik gratis Kemenhub ada 58.694 penumpang dan 17.880 sepeda motor. Ini sudah habis, satu hari dibuka langsung diserbu dan sudah habis," kata Hendro dalam konferensi pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara virtual, Minggu (17/3/2024).

Hendro menuturkan direktoratnya menyediakan 722 unit bus yang bisa mengangkut 3.088 penumpang. Ada juga 30 truk yang bisa membawa 900 sepeda motor.

Saat ini, Kemenhub sedang mengkaji untuk kemungkinan penambahan kuota program mudik gratis Lebaran 2024 

"Kami sedang mengkalkulasi apakah perlu penambahan-penambahan kuota mudik gratis lagi," jelasnya.

Program Mudik Gratis

Program mudik gratis ini menjadi salah satu strategi Kementerian Perhubungan dalam mengantisipasi lonjakan pemudik selama masa Lebaran 2024.

Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang. Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

3 dari 3 halaman

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193 Juta Orang, Kemenhub Antisipasi Lewat Mudik Gratis

Sebelumnya, survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang pada Mudik Lebaran 2024. Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

Terkait lonjakan pemudik ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Kemenhub telah menyiapkan berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2024.

Budi menuturkan, Kemenhub melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian pengaturan transportasi dan penanganan secara komprehensif bersama instansi, kementerian dan pemerintah pusat, Polri, pemerintah daerah, BUMN dan swasta.

Budi menambahkan, Kemenhub juga melaksanakan inspeksi keselamatan, ramp check pada sarana transportasi, darat, laut, udara, dan kereta api. Kemenhub turut meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pengaturan transportasi pada masa angkutan lebaran 2024 dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas.

“Demi mengantisipasi lonjakan, Kemenhub juga mengadakan program mudik gratis pada Lebaran 2024,” ujarnya dalam konferensi pers persiapan mudik 2024 secara virtual, Minggu (17/3/2024).

Tak hanya itu, Kemenhub juga melakukan pembatasan angkutan barang pada mudik tahun ini. Aturan itu dituangkan dalam surat keputusan bersama beberapa menteri.

"Langkah nyata yang telah diambil adalah Kemenhub, Korlantas, Kementerian PUPR dengan menerbitkan SKB tentang pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik tanggal 5 Maret 2024. SKB tersebut memuat pengaturan pembatasan operasional angkutan barang pada liburan Lebaran 2024," tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.