Sukses

Maaf, Motor Listrik Tak Bisa Ikut Mudik Gratis Lebaran 2024

Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik motor gratis atau motis pada mudik lebaran Idulfitri 2024. Namun, program motis ini tidak berlaku bagi motor listrik.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik motor gratis atau motis pada mudik gratis lebaran Idulfitri 2024. Namun, program motis ini tidak berlaku bagi motor listrik.

"Terkait motor listrik, untuk saat ini kami memang belum melayani motor listrik pak,"

kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, DJKA Kemenhub, Arif Anwar dalam acara Press Conference Mudik Motor Gratis di kawasan Petojo, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Arif menyampaikan, tidak tersedianya angkutan mudik motor gratis bagi sepeda motor listrik lantaran belum tersedianya regulasi. Sehingga, DJKA Kemenhub belum mengetahui secara detail terkait standar operasional prosedur (SOP) untuk pengiriman sepeda motor listrik.

"Regulasinya belum jelas dari Dirjen Darat, kami pun juga belum mengetahui secara pasti SOP bawa motor listrik seperti apa.

Karena bisa salah pengangkutan dan sebagainya, karena memang rawan," bebernya.

Ke depan, Kemenhub berupaya untuk memfasilitasi sepeda motor listrik agar bisa ikut program mudik gratis. Dengan catatan, adanya peningkatan jumlah pengguna motor listrik.

"Karena ini juga program pemerintah untuk pake motor dan mobil listrik, akan kami siapkan supaya motor listrik bisa dilayani. Kalau memang pengguna motor listrik sudah banyak," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat terjadi penambahan Populasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda 2 di Indonesia meningkat sebesar 262 persen pada 2023 yakni 62 ribu unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya 17 ribu unit.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin R Hendro Martono mengatakan, peningkatan ini salah satunya berkat kesuksesan program bantuan pemerintah untuk pembelian KBLBB roda 2.

Populasi KBLBB

Selain itu, juga terjadi penambahan populasi KBLBB roda 4 atau mobil pada 2023 meningkat 43 persen pada 2023 sebanyak 12 ribu unit, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 8 ribu unit.

Dia menuturkan, meskipun Pemerintah telah mengeluarkan berbagai program insentif, penambahan ini dinilai belum cukup untuk meningkatkan popularitas KBLBB.

Alhasil, Pemerintah mengeluarkan program insentif baru yaitu program insentif bea masuk dan PPnBM untuk CBU dan CKD dengan nilai TKDN di bawah persyaratan roadmap, dan penyesuaian Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 Dibuka 4 Maret, Simak Cara Daftarnya!

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menawarkan program mudik motor gratis atau motis pada mudik Lebaran 2024. Program mudik motor gratis yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) kemenhub ini demi menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Tujuan motis ini untuk menekan pemudik dengan kendaraan sepeda motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, DJKA Kemenhub, Arif Anwar dalam acara Press Conference Mudik Motor Gratis di kawasan Petojo, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024).

Kuota mudik motor gratis Lebaran 2024 mencapai 12.180 unit sepeda motor. Sedangkan, kuota untuk penumpang sebesar 28.196 per orang.

"Jadi, nanti masing-masing peserta mudik motor gratis ini akan memperoleh dua tiket kereta api," ucapnya.Untuk pendaftaran program mudik motor gratis ini mulai 4 Maret sampai 18 April 2024.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Bagi masyarakat yang tertarik mengikuti program mudik motor gratis dapat mengakses laman resmi mudikgratis.dephub.go.id. Selain itu, masyarakat juga mendatangi posko pendaftaran yang ditunjuk atau sistem go show.

Berikut persyaratan mengikuti program mudik motor gratis 2024:

  • KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK
  • Besaran motor di bawah 200 CC
  • Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk
  • Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif. 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Diprediksi Meningkat dari Sebelumnya, Capai 200 Juta Orang

Jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 diprediksi lebih banyak dibandingkan tahun 2023,. Untuk itu,  Kementerian Perhubungan tengah mempersiapkan infrastruktur agar mudik berjalan dengan baik.

"Kementerian Perhubungan sedang bersiap melakukan koordinasi lintas sektoral terkait persiapan infrastruktur maupun transportasi saat mudik dalam momen Lebaran 2024," kata Budi Karya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa 27 Februari 2024.

Ia menyampaikan hal tersebut usai acara groundbreaking fasilitas kendaraan listrik di Karoseri Tri Sakti, Kabupaten Magelang.

Berdasarkan survei sementara yang dilakukan Korps Lalu Lintas Polri, jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 200 juta orang.

Jumlah tersebut lebih tinggi enam persen dibanding jumlah pemudik Lebaran pada tahun sebelumnya sebanyak 187 juta orang.

Menhub menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memimpin sidang kabinet paripurna dengan agenda persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, meminta Kemenhub melakukan koordinasi lintas sektoral.

Menurut dia, pihaknya mempersiapkan koordinasi dengan pemda, polisi, BUMN, dan (Kementerian) PUPR agar bisa menjalankan (proses mudik) sama baiknya dengan tahun lalu.

"Setiap tahun kami selalu siapkan dan ini adalah event tahunan," katanya yang dilansir dari Antara.

Ia menuturkan memasuki bulan Ramadhan dan di bulan April 2024 akan merayakan Idul Fitri, sehingga seluruh kementerian dan lembaga yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat untuk dapat beribadah dengan khusyuk. 

4 dari 4 halaman

BUMN Gelar Mudik Gratis 2024

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan program mudik gratis BUMN akan dijalankan lagi pada momen Idul Fitri atau Lebaran 2024 ini. Bahkan, jumlah kuota mudik gratis yang disediakan lebih banyak dari sebelumnya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, program itu sudah direncanakan. Kali ini, pihaknya menyiapkan kuota untuk 80.000 orang, lebih tinggi sekitar 15.000 dari mudik gratis tahun lalu.

"Mudik gratis ada, kuotanya kita tambah lah. Kuotanya 80.000," ujar Arya di Jakarta, ditulis Kamis (22/2/2024).Arya mengatakan, mudik gratis BUMN ini berlaku untuk hampir semua moda transportasi. Mulai dari transportasi darat menggunakan bus, kereta api, hingga kapal laut. Sementara itu, tidak ada mudik gratis untuk angkutan pesawat.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini