Sukses

Tes Bahasa Inggris di Rekrutmen Bersama BUMN Direvisi, Dianggap Terlalu Sulit

Salah satu yang dikeluhkan adalah tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris (TBI) dalam Rekrutmen Bersama BUMN. Untuk itu Erick Thohir memerintahkan untuk direvisi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pembukaan lowongan kerja lewat Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) kembali digelar tahun ini. Dia turut merespons keluhan peserta program tersebut tahun lalu.

Salah satu yang dikeluhkan adalah tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris (TBI) dalam Rekrutmen Bersama BUMN. Untuk itu, dia akan meminta soal ujiannya direvisi.

"Itu nanti direvisi," ujar Erick Thohir di Jakarta, dikutip Selasa (27/2/2024).

Informasi, Rekrutmen Bersama BUMN ini dikelola oleh Forum Human Capital Indinesia (FHCI) BUMN. Program ini jadi upaya pembukaan lapangan kerja secara terkonsolidasi dari seluruh perusahaan pelat merah. Alhasil, ada standar yang sama dan setara.

Kuota Masih Rahasia

Kendati akan dibuka dalam waktu dekat, Erick belum berbicara banyak mengenai kuota yang disiapkan. Sebagai perbandingan, tahun lalu, RBB menyiapkan kuota 2.700 orang.

"Kalau open recruitment BUMN itu kan tergantung dari kebutuhan masing-masing BUMN-nya, baru kita lakukan," jelasnya.

Perlu dicatat, FHCI BUMN dijadwalkan akan membuka pendaftaran RBB pada Maret 2024, bulan depan. Rincian mengenai pendaftaranya akan diumumkan kemudian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Lagi

Bagi para pencari kerja, program Rekrutmen Bersama BUMN dibuka lagi untuk edisi 2024. Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) ini menjadi salah satu pintu masuk yang ingin bekerja di BUMN.

Dalam pelaksanaannya, RBB ini akan diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Pada tahun ini, kesempatan menjadi pegawai BUMN terbuka semakin luas dengan yang menjangkau lintas entitas, jenjang pendidikan yang semakin beragam (SMA/SMK/sederajat, D3, S1/D4, S2), serta status pekerjaan baik organik (PKWTT) maupun kontrak (PKWT).

Rekrutmen Bersama BUMN dijadwalkan akan dibuka pada Maret 2024.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, tidak hanya induk atau holding BUMN yang bergabung dalam rekrutmen bersama BUMN tahun ini, melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan dan perusahaan afiliasi BUMN.

"Harapan saya, dengan scope penerimaan yang lebih besar, RBB dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik dan menciptakan talenta unggul bagi bangsa," ujar Erick Thohir, ditulis Jumat (9/2/2024).

"Selain itu, program ini sangat penting guna mendukung keberagaman dan transformasi di BUMN group untuk menjadikan BUMN sebagai pemain global dan berpartisipasi dalam kemajuan perekonomian Indonesia. Kesempatan ini juga pastinya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.