Sukses

Kilang Balongan Pertamina Pasang PLTS, Pasok Listrik 1,51 MWp

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI (Kilang) Balongan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1,51 Megawatt peak (MWp).

Liputan6.com, Jakarta PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI (Kilang) Balongan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1,51 Megawatt peak (MWp). Pembangunan PLTS ini merupakan hasil sinergi Pertamina Group, yaitu antara KPI dengan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE).

Direktur Proyek & Operasi Pertamina NRE Norman Ginting mengatakan, kehadiran PLTS Kilang Balongan jadi upaya Kilang Pertamina Internasional untuk melakukan dekarbonisasi.

"Pemanfaatan PLTS di Kilang Balongan ini adalah salah satu dari bentuk kolaborasi Pertamina NRE dan Kilang Pertamina Internasional. Kami percaya bahwa sinergi yang solid akan memantapkan upaya mencapai aspirasi net zero emission Pertamina," ujar Norman, Selasa (20/2/2024)

Norman melanjutkan, inisiatif dekarbonisasi Pertamina merupakan upaya serius dan bagian dari komitmen Pertamina mengimplementasikan aspek ESG. Keseriusan ini salah satunya ditunjukkan dengan skor ESG Pertamina yang semakin membaik dari tahun ke tahun.

Sementara Direktur Operasi KPI, Didik Bahagia menyampaikan komitmen tinggi pihaknya yang secara nyata mendukung dekarbonisasi di unit operasi.

"Dengan mengintegrasikan dekarbonisasi ke dalam unit operasi, KPI siap untuk memberikan dampak yang nyata dan positif pada lingkungan sambil berkontribusi pada pencapaian tujuan keberlanjutan global," ungkap Didik.

Dekarbonisasi

Selain untuk meningkatkan keandalan suplai power, ia menambahkan, PLTS ini juga membuktikan bahwa Kilang Balongan berkomitmen penuh pada dekarbonisasi, dan hal ini merupakan bagian dari penerapan ESG rating untuk KPI dan Pertamina secara keseluruhan.

Dengan PLTS ini, diperkirakan akan menyalurkan energi sebesar 781 MWh per tahun dan menurunkan emisi karbon sebesar hampir 600 ton CO2 per tahun.

Secara keseluruhan hingga saat ini PLTS yang terpasang di area operasi KPI mencapai kapasitas 9,87 MWp, yaitu Kilang Dumai 3,77 MW, Kilang Plaju 2,25 MW, Kilang Balongan 1,51 MW, dan Kilang Cilacap 2,34 MW. "Akumulasi energi yang disalurkan mencapai 10 juta kWh dan penurunan emisi lebih dari 6 juta ton CO2, atau setara dengan menanam 7 ribu pohon dewasa," pungkas Didik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah Kapasitas, Pertamina Unit Balikpapan Integrasikan Kilang Lama dan Baru

Perkembangan proyek pengembangan Kilang Balikpapan memasuki tahap baru. Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan menjadi kilang dengan kapasitas pengolahan terbesar yang dimiliki Pertamina di Indonesia. 

Khususnya melalui penambahan kapasitas dari 260 Mbsd menjadi 360 Mbsd, dengan membangun unit-unit kilang baru. 

Saat ini, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan telah siap menyambungkan kilang eksisting dengan kilang baru. 

"Sebanyak 1.516 daftar pekerjaan yang tergabung dalam 180 paket pekerjaan telah siap untuk dilaksanakan. Dengan rincian, 995 pekerjaan dengan risiko tinggi, 13 pekerjaan kritikal, 876 equipment telah disiapkan serta hampir 97 persen material telah tiba," terang Manager Turn Around PT KPI Unit Balikpapan, Koesoemo Wardoyo dalam laporannya, Sabtu (17/2/2024).

Beberapa plant unit operasi Kilang Balikpapan secara bertahap mulai dinonaktifkan. Penonaktifan unit tersebut dilakukan dalam rangka Plant Stop Revamp (PSR) atau perawatan kilang secara berkala. 

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Kilang

Perawatan kilang yang dilakukan secara rutin ini biasanya memakan waktu sekitar 1 bulan. Dengan adanya proses integrasi kilang eksisting dengan kilang baru ini pelaksanaan dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan.

Upaya lainnya, juga dilakukan peresmian Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), perluasan parkir, DCU Center dan Gedung DCU Gate IV sebagai fasilitas pendukung PSR. 

General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menyampaikan, beragam sifat dan bentuk pekerjaan akan dihadapi saat kegiatan PSR 2024 di Kilang Balilpapan. 

Pekerjaan dengan risiko tinggi seperti pekerjaan panas, bekerja dengan alat berat, bekerja di ketinggian, dan bekerja di ruang terbatas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja dan dapat menimbulkan kerugian.

"Lakukan tool box meeting dan safety talk sebelum melakukan pekerjaan. Sampaikan kepada pekerja potensi bahaya yang akan dihadapi dan sampaikan pula tindakan pencegahan untuk menghindari bahaya tersebut. Lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap area kerja. Yakinkan semua aman sebelum pekerjaan dimulai," pintanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang mengandalkan tenaga surya.

    plts

  • Kilang Balongan adalah nama salah satu kilang minyak milik PT Pertamina Persero.

    Kilang Balongan

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Emisi

  • gas