Sukses

Catat, Damri Rute Bandara Soekarno-Hatta dan Transjawa Cuma Layani Pembayaran Nontunai

Pembayaran layanan Damri untuk rute menuju Bandara Soekarno-Hatta dan Transjawa hanya bisa dilakukan secara non tunai (cashless). Ini sudah berlaku efektif sejak 1 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pembayaran layanan Damri untuk rute menuju Bandara Soekarno-Hatta dan Transjawa hanya bisa dilakukan secara non tunai (cashless). Ini sudah berlaku efektif sejak 1 Februari 2024.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan mengatakan penerapan pembayaran berbasis uang elektronik ini sebagai upaya DAMRI mendorong masyarakat melakukan transaksi menjadi lebih praktis, aman, dan nyaman. Artinya, pembayaran tunai sudah tidak akan dilayani kembali.

"DAMRI berharap penerapan ini dapat disambut baik oleh masyarakat sehingga dapat terealisasi dengan baik," kata Chrystian dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).

Masyarakat pun tetap dapat melakukan pemesanan tiket di lokasi loket dengan metode pembayaran melalui QRIS, E-Money, Debit, dan Credit Card.

"DAMRI percaya bahwa langkah ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para penumpang, serta turut mendukung upaya pemerintah dalam mendorong transisi menuju masyarakat yang lebih inklusif secara digital," ucapnya.

Sejalan dengan penerapan pembayaran non tunai tadi, pengguna aplikasi Damri Apps disebut makin meningkat. Tercatat ada pertumbuhan 187,34 dari 2022 ke 2023. Angkanya, meningkat dari 112.006 pengguna, menjadi 321,838 pengguna.

Hal ini menunjukkan bahwa DAMRI Apps dapat menjadi solusi kebutuhan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket perjalanan dengan pemanfaatan teknologi digital sehingga menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Ada Diskon

Chrystian menjelaskan, bagi pengguna Damri Apps, ada peluang mendapatkan diskon spesial untuk pembelian tiket. Ini khusus untuk perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Di bulan ini, DAMRI memberikan potongan harga khusus untuk pembelian melalui DAMRI Apps dengan rute perjalanan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Potongan harga yang diberikan sebesar Rp10.000 untuk 85 orang pembeli pertama selama bulan Februari 2024," jelas Pohan.

Pelanggan DAMRI kini dapat memaksimalkan penggunaan DAMRI Apps yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apps Store secara gratis untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan. Dengan DAMRI Apps, pelanggan dapat melakukan pembayaran secara digital dengan metode Transfer Bank dan E-wallet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Menuju Surabaya dan Malang

Sebelumnya, DAMRI telah resmi membuka titik keberangkatan baru melalui Pool DAMRI Cawang untuk rute transjawa, yaitu Jakarta – Surabaya dan Jakarta – Malang. Penambahan titik keberangkatan ini telah dioperasikan DAMRI sejak akhir tahun 2023 lalu.

"Pemberlakuan titik keberangkatan tersebut merupakan salah satu upaya DAMRI untuk memudahkan masyarakat dari kota Jakarta maupun Bekasi melakukan perjalanan lebih mudah dan cepat menggunakan transportasi darat DAMRI, kata Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R.M Pohan dalam keterangan resmi dikutip Rabu (24/1/2024).

Berikut adalah jadwal keberangkatan terbaru dari Pool DAMRI Cawang:

Jakarta – Surabaya

Dari Pool DAMRI Cawang tersedia setiap hari pukul 19.00 WIB

Tarif sebesar Rp. 340.000

 

3 dari 3 halaman

Rute Lain

Jakarta – Malang

Dari Pool DAMRI Cawang tersedia setiap hari pukul 19.00 WIB dengan titik akhir menuju Terminal Arjosari dan Pool DAMRI Malang

Tarif sebesar Rp. 390.000

Untuk memesan tiket perjalanan, pelanggan dapat memesan melalui aplikasi DAMRI Apps atau seluruh platform penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan DAMRI.

Sementara untuk pembelian tiket secara on the spot, DAMRI mengimbau agar pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan non tunai menggunakan QRIS, Debit, maupun Kartu Kredit.

"Perusahaan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui inovasi-inovasi baru yang memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi para penikmat transportasi publik. DAMRI berharap dengan penambahan titik keberangkatan baru ini, pelanggan DAMRI akan semakin meningkat melalui berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan titik keberangkatan, dan lainnya," tutup Pohan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini