Sukses

PT SMI Akuisisi 25% Saham Pemegang Konsesi Tol Bocimi

Masuknya PT SMI sebagai pemegang saham PT Trans Jabar Tol bertujuan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol Bocimi selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) mengakuisisi 25% saham PT Trans Jabar Tol (PT TJT) yang dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (PT WTR). Akuisisi ini diharapkan bisa mempercepat pembangunanjalan tol Ciawi – Sukabumi (Tol Bocimi).

Dengan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham, makaPT Trans Jabar Tol kini dimiliki oleh PT WTR (74,99%), PT SMI (25%), dan Koperasi Waskita (0,01%).

PT Trans Jabar Tol merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi jalan tol Ciawi – Sukabumi (Bocimi) yang berlokasi di Jawa Barat. Sebelumnya, PT Trans Jabar Tol telah menyelesaikan Pembangunan seksi Ciawi – Cigombong dan seksi Cigombong – Cibadak dengan total panjang 27,25 Km.

Seksi Ciawi – Cigombong telah beroperasi sejak tahun 2018, sedangkan seksi Cigombong – Cibadak memulai pengoperasian tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad menjelaskan, masuknya PT SMI sebagai pemegang saham PT Trans Jabar Tol bertujuan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol Bocimi selanjutnya, yakni pada seksi Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,7 Km, yang konstruksinya telah mulai dilaksanakan.

“Akuisisi saham ini menunjukkan komitmen PT SMI dan Waskita Group dalam mendukung Proyek Strategis Nasional yang bermanfaat bagi masyarakat," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (29/1/2024).

"Kami berharap ruas Bocimi ini dapat meningkatkan konektivitas, akses dan penghematan waktu tempuh antara Bogor dan Sukabumi, serta menjadi jalur alternatif dalam mengurai kepadatan jalan arteri,” tambah dia.   

Direktur Utama PT Waskita Karya, Muhammad Hanugroho yang akrab disapa Oho meyakini strategic partnership ini akan menyelesaikan sebagian kewajiban Waskita Karya dalam program restrukturisasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkah

Oho melanjutkan, Insya Allah akuisisi merupakan suatu perjalanan awal yang nantinya akan memberikan berkah tidak hanya bagi PT SMI dan Waskita Karya Group tetapi juga kepada masyarakat yang akan memanfaatkan Jalan Tol Ciawi Sukabumi hingga Sukabumi Barat.

"Semoga kedepannya masih banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dan harapannya semua dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata dia. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT SMI atas dukungan dan kerjasamanya, dan mari kita berdoa agar kedepannya dapat terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan membangun infrastruktur Indonesia,” jelas Oho.

 

3 dari 3 halaman

Sumber Pendanaan Baru

Strategic partnership antara PT SMI dan PT WTR ini dapat mendukung PT TJT dalam memperoleh sumber pendanaan untuk dapat menyelesaikan proyek jalan tol Bocimi.

Dimana dengan penyelesaian dan pengoperasian jalan tol Bocimi, konektivitas di wilayah Jawa Barat semakin meningkat.

Sehingga akan menjadi katalis positif dalam mendukung peningkatan perekonomian setempat dan dapat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini