Sukses

Kamu Harus Tahu! Ini 7 Manfaat Transaksi Pake QRIS di BRImo Buat Konsumen dan Merchant

QRIS bisa digunakan untuk banyak alternatif pembayaran, baik itu yang melalui dompet digital bahkan rekening langsung.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendorong inklusi keuangan, Bank Indonesia meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada 17 Agustus 2019. Kehadiran QRIS sebagai standar nasional untuk pembayaran dengan QR, agar masyarakat pada umumnya dan para pelaku usaha pada khususnya, lebih mudah dalam melakukan transaksi.

Ya, QRIS menjadi alat yang merupakan revolusi dari QR code berasal dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia hadir, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Nah, biar lebih jelas yuk bahas sederet manfaat menggunakan QRIS bagi konsumen dan para pelaku usaha (merchant) berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat QRIS Bagi Konsumen

Adanya sistem pembayaran cashless menggunakan QRIS tidak semata-mata hanya dibuat untuk memudahkan para pemilik usaha. Konsumen pun akan mendapat keuntungan dari penggunaan pembayaran digital. Berikut ini beberapa manfaat QRIS berikut ini bisa langsung dirasakan para konsumen.

1. Transaksi jadi Lebih Cepat

Alasan mengapa Bank Indonesia mengesahkan transaksi QRIS ini adalah karena aksesnya yang begitu cepat. Manfaat QRIS ini membuat kamu tidak perlu menunggu lama ketika ingin belanja dengan cepat.

Cara menggunakan QRIS hanya perlu dengan scan barcode menggunakan kamera hp pada QR code yang sudah disediakan oleh merchant. BRImo akan langsung bekerja dan melakukan konfirmasi. Jika data sudah benar, kamu hanya perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

2. Transaksi Terjamin Keamanannya

Manfaat QRIS bagi konsumen juga untuk menjaga keamanan transaksi. Kamu tidak perlu takut karena metode pembayaran nontunai ini sudah dijamin keamanannya oleh Bank Indonesia. Transaksi digital QRIS telah diawasi regulator satu pintu dan bagi merchant yang ingin bisa menyediakan QR code perlu melakukan pendaftaran lebih dulu. 

3. Bebas Ribet dengan Uang Tunai dan Kembalian

Praktis dan ringkas, inilah manfaat QRIS yang dalam beberapa tahun terakhir ini pasti sudah dirasakan oleh penggunanya. Sesuai dengan fungsinya, QRIS menjadi sistem pembayaran nontunai, membuat kamu tidak perlu ribet lagi harus membawa uang tunai.

Apalagi jika kamu akan berbelanja dalam jumlah yang cukup banyak. Kamu juga tidak akan dipersulit dengan harus menunggu uang kembalian. Usai scan QRIS konsumen hanya perlu mengetik jumlah uang yang akan dikirimkan ke penjual atau merchant. Tidak ada lagi uang kembalian yang harus diterima.

3 dari 3 halaman

Manfaat QRIS untuk Merchant

Selain manfaat QRIS bagi konsumen, ada juga manfaat yang dirasakan oleh merchant. Supaya merchant bisa menyediakan sistem pembayaran QRIS maka lebih dulu harus mendaftarkan diri ke BRI untuk bisa bekerja sama. Apabila telah disetujui maka beberapa manfaat berikut ini bisa langsung didapatkan, yaitu: 

1. Transaksi Cepat dan Mudah

Sama halnya dengan konsumen, merchant juga akan merasakan betapa cepat dan mudahnya menyediakan transaksi dengan QRIS. Merchant tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian karena dana akan langsung masuk ke rekening. Saat transaksi belanja berlangsung, kamu sebagai merchant hanya perlu memastikan bahwa jumlah yang dimasukkan oleh konsumen sudah sesuai uang yang harus dibayar. Minta konsumen agar menunjukkan bukti bahwa transaksi sudah berhasil.

2. Tidak Ada Kerugian karena Uang Palsu

Sampai dengan saat ini kasus penggunaan uang palsu masih terus berlangsung karena masih adanya transaksi menggunakan uang tunai. Cukup banyak trik penipuan yang masih dilakukan oleh beberapa oknum. Uang palsu tentu saja akan merugikan para merchant. Hadirnya QRIS bisa meminimalisir kerugian karena uang palsu ini.

Jika merchant-mu sudah menerapkan sistem QRIS ini, maka keuangan bisnis setidaknya akan jadi lebih aman. Manfaat QRIS ini juga bisa menjaga keamanan transaksi ketika kamu memiliki lebih banyak bisnis.

3. Banyak Alternatif Pembayaran

Keuntungan sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh metode pembayaran yang disediakan. QRIS bisa digunakan untuk banyak alternatif pembayaran, baik itu yang melalui dompet digital bahkan rekening langsung. Tidak perlu khawatir lagi bahwa konsumen tidak jadi belanja karena sistem pembayaran yang mereka miliki tidak kamu sediakan. QR code pada QRIS bisa menghubungkan dengan berbagai jenis pembayaran, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

4. Merchant Bisa Memantau Transaksi

Semua transaksi yang dilakukan melalui QRIS sudah pasti tercatat, jadi kamu bisa memantau setiap riwayat transaksi secara real time. Hal ingin menguntungkan ketika kamu mengelola lebih dari satu bisnis. 

Data transaksi ini akan membantu kamu untuk menganalisis strategi bisnis kedepannya. Jadi manfaat QRIS tidak hanya sekitar transaksi saja namun juga untuk pengembangan usaha. Memahami akan pengertian QRIS dan manfaat didapatkan baik untuk merchant dan konsumen membuktikan bahwa sistem ini sangat krusial untuk berbelanja. 

 

Nah, jika kamu nasabah BRI dan ingin belanja dengan mudah, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur QRIS di BRImo. Fitur QRIS di BRImo ini sangat aman karena setiap sebelum transaksi kamu perlu memasukkan PIN sebagai kode pengaman. 

Oh ya menariknya lagi saat ini, BRI sedang ada program BRImo FSTVL dengan hadiah menarik, cukup download dan tingkatkan transaksi pake BRImo! Program BRImo FSTVL memberikan apresiasi kepada nasabah BRI dalam bentuk  penukaran BRIpoin menjadi voucher belanja atau kupon undian berhadiah mendapatkan mobil listrik.

Kemudian BRIpoin didapatkan setelah kamu melakukan transaksi melalui BRImo, Kartu Debit BRI, dan Kartu Kredit BRI selama periode program berlangsung.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.