Sukses

Contraflow Tol Jakarta-Cikampek dari KM 47 hingga KM 65 Arah Cikampek Diperpanjang

Perpanjangan contraflow dari KM 47 s.d KM 65 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 09.05 WIB

Liputan6.com, Jakarta Setelah sebelumnya dilakukan pembukaan contraflow 1 lajur di KM 55 s.d KM 65 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 08.20 WIB, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) lakukan perpanjangan contraflow Tol Jakarta-Cikampek  dari KM 47 s.d KM 65 arah Cikampek pukul 09.05 WIB dan bukaan contraflow tol pada KM 55 ditutup atas diskresi dari pihak Kepolisian.

 

"Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat," dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga, Minggu (24/12/2023).

Saat ini PT JTT mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol, dan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

PT JTT mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dan permintaan layanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.

Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contraflow dari KM 55 hingga KM 65 Arah Cikampek

Untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas pada periode libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) berlakukan Contraflow 1 lajur dari KM 55 s.d KM 65 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Contraflow ini mulai diberlakukan sejak pukul 08.20 WIB," dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga, Minggu (24/12/2023).

PT JTT juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, dan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

H-2 Natal, 53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Lewat Tol Jakarta Cikampek

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat, pada H-2 Natal atau Sabtu 23 Desember 2023.

Dilansir dari Antara, arus lalu lintas kendaraan di pintu tol Cikampek Utama berjalan lancar di kedua arah, baik yang keluar Jakarta menuju Palimanan maupun arah sebaliknya.

Hingga pukul 20.29 WIB tercatat sebanyak 53.490 kendaraan melewati GT Cikampek Utama menuju Palimanan. Sementara kendaraan yang masuk menuju Jakarta tercatat sebanyak 19.772 kendaraan.

 

3 dari 3 halaman

Kebijakan Contraflow

Kebijakan contraflow telah diterapkan atas diskresi pihak kepolisian sejak pukul 06.35 WIB lantaran terjadi kepadatan arus lalu lintas pada momentum musim libur Natal dan tahun baru ini.

Awalnya, contraflow diterapkan mulai dari Km 55 sampai 65. Kemudian pada pukul 07.00 WIB, penerapan contraflow diperpanjang dari Km 47 sampai 65.

Selanjutnya, contraflow dimajukan mulai Km 36 hingga Km 65 untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini