Sukses

Kecemasan Mahfud MD soal Pinjol Ilegal di Debat Cawapres: Banyak Korban, Sampai Bunuh Diri

Calon Wakil Presiden Urut 3, Mahfud MD menyuarakan buruknya penanganan hukum terhadap pinjaman online ilegal.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Urut 3, Mahfud MD menyuarakan buruknya penanganan hukum terhadap pinjaman online ilegal.

 

“Terjadi disrupsi yang luar biasa dalam perkembangan ekonomi digital. Saya menangani kasus pinjol, dimana rakyat menjadi korban,” ujar Mahfud MD dalam debat Cawapres 2024, disiarkan Jumat (22/12/2023).

Mahfud menyebutkan, kasus pinjol itu sendiri sungguh problematik. Karena dibuat secara hukum perdata melalui gadget.

“Rakyat yang tidak tahu langsung bilang Yes, bunganya sekian, yes, itu perdata; banyak yang menjadi korban, banyak yang sampai bunuh diri,” ucapnya.

Kasus Guru di Semarang

Mahfud bercerita kasus seorang guru di Semarang meminjam dana hanya Rp. 500.000 kemudian hutangnya naik drastis menjadi Rp. 240 juta.

“Karena selalu bertambah bunga. Dalam pinjol ini ketika saya sampaikan ke Polri, (mereka bilang) tidak bisa Pak itu hukum perdata,” katanya.

“Ketika saya sampaikan ke OJK, mereka bilang itu bukan kewenangan kami. Itu bukan kemenangan kami karena mereka ilegal tidak terdaftar,” cerita Mahfud.

“Berkali-kali saya panggil kemudian saya undang dalam rapat bersama, gabungan di Menkopolhukam. Kita nyatakan bahwa itu tindak pidana dan harus segera ditangkap itulah dalam sehari kemudian ditangkap 144 orang (tersangka) di hari itu juga,” tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini