Sukses

Menteri Trenggono: 20 Satelit Nano Siap Terbang Tahun Depan, Habiskan Dana Rp 2,3 Triliun

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, 20 satelit nano akan diluncurkan dan beroperasi pada 2024 guna memetakan kondisi dan aktivitas di laut.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, 20 satelit nano akan diluncurkan dan beroperasi pada 2024 guna memetakan kondisi dan aktivitas di laut.

"Kita akan meluncurkan satelit nano yang bisa terkoneksi dengan seluruh kapal-kapal pengusaha atau penangkap," kata Sakti Wahyu Trenggono saat ditemui usai hadiri Pertemuan Nasional Pembangunan Perikanan Budidaya Berbasis Ekonomi Biru, di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Trenggono menyebut, anggaran yang digunakan dalam peluncuran 20 nano satelit tersebut sebanyak USD 150 juta atau setara Rp 2,3 triliun (1 USD = Rp 15,489).

 

"Nano-nya kita luncurin sendiri. Kira-kira anggarannya USD 150 juta," ujarnya.

Sebelumnya, Trenggono mengatakan pihaknya memang tengah mengembangkan dua perangkat kunci dalam upaya memperbaiki tata kelola ruang laut, yakni ocean big data dan ocean accounting.

Dijelaskan, ocean big data akan dibangun melalui perangkat berbasis teknologi yang ditempatkan di daerah pesisir, laut, dan udara, yang merupakan radar sensor yang bisa mengukur kualitas perairan dan laut untuk mengetahui kondisi laut dan habitatnya.

Untuk pengembangan ocean big, pihaknya akan menggandeng Starlink yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat bernama SpaceX milik Elon Musk, guna membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data tangkapan secara online melalui aplikasi E-PIT.

Terkait dengan Starlink, Trenggono mengungkapkan bahwa kerjasama itu masih dalam pembahasan lanjutan. Pasalnya, device milik milioner dunia tersebut terbilang mahal.

"Kita yang jelas sedang mendesain itu semua, tapi tidak ada hubungannya dengan Elon Musk. Iya kalo terjadi (Starlink) sekarangkan masih mahal device nya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi Kekayaan Laut

Walaupun kerjasama mengenai Starlink belum mengalami kemajuan, KKP akan tetap meluncurkan dan mengoperasikan 20 nano satelit mulai 2024.

"Salah satunya kita akan meluncurkan satelit nano yang bisa terkoneksi dengan seluruh kapal-kapal pengusaha atau penangkap," katanya.

Lebih lanjut, Trenggono menjelaskan, berdasarkan teknologi tersebut dan artificial intelligence, ocean big data akan terwujud untuk mengetahui kondisi pesisir dan laut ter-update secara reguler yang dapat menjadi decision support system dalam membantu pengelolaan dan pemantauan sumber daya ekosistem pesisir serta laut secara continue.

Sementara, ocean accounting merupakan sistem manajemen data spasial dan nonspasial yang terintegrasi, sehingga teknologi tersebut diyakini mampu memberikan informasi kekayaan laut Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini