Sukses

Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Meninggal Dunia

Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto meninggal dunia pada usia 76 tahun. Ia tutup usia pada Minggu pagi, 17 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto tutup usia pada Minggu pagi, 17 Desember 2023 pukul 01.03 WIB. Kuntoro Mangkusubroto meninggal pada usia 76 tahun.

Kabar tersebut disampaikan Sekretaris dari Kuntoro Mangkusubroto, Anindityas seperti dikutip dari Antara, Minggu (17/12/2023).

"Beliau meninggal dunia di RSCM Kencana pukul 01.03 WIB tadi,” tutur Anindityas.

Almarhum Kuntoro Mangkusubroto disemayamkan di rumah duka di Jalan Kesemek Blok S Nomor 2 Kompleks Kalibata Indah, Jakarta Selatan. “(Almarhum) akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah dzuhur rencananya,” tutur dia.

Kuntoro Mangkusubroto adalah mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia pada 1998-1999. Ia juga mantan Direktur Utama PT PLN Perseroan pada 2000-2001.

Alumni Institut Teknologi Bandung dan Stanford University, Amerika Serikat ini pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pascatsunami dahsyat 26 Desember 2004.

Selanjutnya ia ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II di 2009.

UKP4 merupakan lembaga adhoc yang dibentuk Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan tugas-tugas khusus untuk memastikan kelancaran pemenuhan program kerja kabinet.

UKP4 berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dalam melaksanakan tugasnya, UKP4 dibantu serta berkoordinasi dengan kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, pemerintah daerah (Pemda), dan pihak lain yang terkait, dalam menjalankan tugasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.