Sukses

2 Juta Penumpang Bakal Padati Bandara Soekarno-Hatta di Libur Natal dan Tahun Baru

Diperkirakan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 2,03 juta penumpang dan ketersediaan kursi sudah sebanyak 2,61 juta kursi saat Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia, bersama maskapai memastikan ketersediaan kursi penumpang untuk melayani perjalanan udara masyarakat pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose mengatakan angkutan Nataru di bandara-bandara AP II dijalankan pada periode 18 Desember 2023 - 4 Januari 2024 (H-7 hingga H+3). 

“Pada periode Nataru 2023/2024 tersebut, diperkirakan jumlah penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 4,03 juta penumpang atau naik 8% dibandingkan dengan periode Nataru 2022/2023,” ujar Wendo Asrul Rose dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023).

Sejalan dengan proyeksi tersebut, AP II bersama stakeholder lain khususnya maskapai telah berkoordinasi guna memastikan ketersediaan kursi penumpang pesawat. 

“Koordinasi telah dilakukan AP II bersama maskapai, dan kami pastikan kursi yang tersedia pada 18 Desember 2023 - 4 Januari 2024 di 20 bandara berdasarkan data per 8 Desember 2023 adalah sekitar 4,38 juta kursi penumpang. Jumlah ini sangat mencukupi untuk melayani penumpang pesawat Nataru di 20 bandara yang diperkirakan 4,03 juta penumpang,” jelas Wendo Asrul Rose.

Jumlah Kursi 

Guna menyediakan jumlah kursi tersebut, per 8 Desember AP II mencatat adanya permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai di 20 bandara AP II total sebanyak 2.833 extra flight pada periode Nataru 2023/2024 terdiri dari 2.737 extra flight rute domestik dan 96 extra flight rute internasional. 

"Seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai untuk mengoperasikan penerbangan reguler dan extra flight selama Nataru. Ada 5 bandara diperpanjang jam operasinya," ungkap Wendo Asrul Rose.

Bandara yang bertambah jam operasi adalah: Bandara Supadio (Pontianak) menjadi 15 jam operasi; Bandara Minangkabau (Padang) menjadi 15 jam operasi; Bandara Depati Amir (Pangkalpinang) menjadi 12 jam operasi; Bandara Kertajati (Majalengka) menjadi 15 jam operasi; dan Bandara Radin Inten II (Lampung) menjadi 13 jam operasi. 

Adapun pada periode Nataru mendatang, lalu lintas penerbangan tersibuk di lingkungan AP II adalah di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang). Sepanjang Nataru, diperkirakan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 2,03 juta penumpang dan ketersediaan kursi sudah sebanyak 2,61 juta kursi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Customer experience

Di dalam periode peak season akhir tahun, AP II menyelenggarakan beragam event dalam menyambut penumpang pesawat di 20 bandara.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro menuturkan seluruh bandara AP II dihias dekorasi tematik Natal dan Tahun Baru, lalu diadakannya pop performance, pertunjukan musik dan tari, penggunaan aksesoris natal dan tahun baru, penampilan sinterklas, pemberian souvenir dan adanya photobooth di terminal penumpang. 

“AP II menggelar berbagai event di bandara untuk memeriahkan suasana liburan akhir tahun. Melalui berbagai event ini kami berharap penumpang pesawat di periode sibuk ini dapat selalu terhibur dalam melakukan perjalanan bersama keluarga,” jelas Cin Asmoro. 

Bandara-bandara AP II juga memastikan kesiapan fasilitas layanan untuk menemani perjalanan keluarga, seperti misalnya playground untuk anak, nursery room dan fasilitas lainnya.

Fasilitas fast track di area security check point juga disiapkan bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

Di Bandara Soekarno-Hatta pun disiapkan fasilitas golf car di Terminal 3 guna mengantar penumpang menuju boarding gate keberangkatan. 

 

3 dari 4 halaman

Bandara Soekarno Hatta Bangun Posko Tanggap Darurat Kebakaran TPA Rawa Kucing

Hari ke-5 kebakaran di TPA Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Bandara Internasional Soekarno-Hatta ikut mendirikan posko dan memberikan bantuan logistik kepada petugas gabungan yang bertugas memadamkan api.

Menurut managemen Bandara Seokarno Hatta, pihaknya sudah mendirikan posko sejak hari ke-4, atau pada Senin (23/10/2024). Sebab, diketahui hingga hari ke-4, kebakaran TPA Rawa Kucing belum kunjung padam, Bandara Internasional Soekarano-Hatta bersama Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), serta petugas gabungan lainnya turut berkoordinasi di Posko Tanggap Darurat yang berada di wilayah Bandara, Gd. Community Center.

Sejumlah bantuan logistik pun diberikan oleh tim Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) guna mendukung operasional penanggulangan kebakaran TPA Rawa Kucing. Bantuan yang diberikan antara lain selimut, masker anak dan dewasa, peralatan kebersihan, pampers bayi, permakanan bagi para korban yang terdampak serta makanan bayi dan anak dengan total 2700 pcs.

Sebab menurut data yang diterima, selain petugas gabungan yang terus berusaha menjinakan api selama 24 jam tanpa henti, juga ada sekitar 150 warga sekitar yang terdampak dari kebakaran, mengungsi di Kantor Kecamatan Neglasari dan juga GOR sekitar.

 

4 dari 4 halaman

Pemadaman TPA

Senior Manager of Branch Communication & Legal, M. Holik Muardi mengatakan pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendukung penuh guna membantu proses pemadaman TPA Rawa Kucing.

"Sebelumnya kami telah membantu untuk mengirimkan personil Domestic Fire untuk memadamkan api yang terjadi di TPA Rawa Kucing, setelah itu kami bersama BNPB bertindak cepat membangun posko darurat guna memfasilitasi petugas dan bantuan logistik untuk kebutuhan di lapangan" ujar Holik.

Dia juga menambahkan, dengan kolaborasi dan membantu proses pemadaman TPA Rawa Kucing diharapkan dapat segera padam dan tidak mengakibatkan efek lebih luas,

"Selama kurang lebih 10 hari kedepan posko tanggap ini akan berlangsung di Gedung Community Center ini dan kami berharap pastinya agar dapat terselesaikan agar tidak mengganggu lajunya penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta" kata Holik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini