Sukses

Beri Kesan Pertama yang Baik, Ini Cara Berpakaian yang Pantas saat Wawancara Kerja

Pertanyaan tentang “pakaian apa yang harus aku pakai saat wawancara kerja” akan selalu menjadi hal yang rumit, tetapi mungkin lebih rumit lagi dibandingkan di tempat kerja yang terus berkembang saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pertanyaan tentang “pakaian apa yang harus aku pakai saat wawancara kerja” akan selalu menjadi hal yang rumit, tetapi mungkin lebih rumit lagi dibandingkan di tempat kerja yang terus berkembang saat ini.

Antara pekerjaan jarak jauh dan generasi baru profesional muda, banyak aturan berpakaian kantor yang menjadi lebih kasual. Namun, formalitas wawancara menambah tekanan untuk tampil menawan.

Dikutip dari CNBC Make It, Sabtu (9/12/2023), cara terbaik untuk mengetahui pakaian yang perlu dikenakan untuk wawancara adalah dengan menemui langsung sumbernya.

“Cobalah untuk bertanya kepada perekrutmu,” kata Farah Sharghi, perekrut yang telah melakukan lebih dari 10.000 wawancara di perusahaan seperti Google, Lyft, dan TikTok.

 

“Setiap perusahaan memiliki budayanya sendiri dalam hal pakaian,” kata Sharghi melalui CNBC Make It. Perekrut yang bekerja denganmu merupakan sumber pengetahuan terbaik dari pihak perusahaan.

Sharghi mengatakan, misalnya, ketika ia bekerja untuk Lyft, ia memberi tahu para kandidat bahwa mereka akan memasuki ruangan yang merupakan sebagian kantor dan sebagian lagi gudang. Masuk ke ruang gudang berlantai beton sambil mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu dengan ujung yang terbuka bisa menjadi masalah keamanan.

Namun, tidak semua pertimbangan aturan berpakaian bersifat praktis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Ragu, Naikkan Level

“Kesan pertama sangat penting bagi keberhasilan pencalonan, dan (yang kamu kenakan) mudah untuk dilewatkan atau diperbaiki,” kata Teresa Freeman, seorang eksekutif HR selama 25 tahun dan penulis “Soft SKills I Learned the Hard Way.”

Ia mengatakan, aturan umumnya adalah berpakaian dengan tingkat formalitas yang sama dengan orang lain atau satu tingkat lebih tinggi saat akan wawancara.

“Jika kamu bekerja di kantor akuntan yang cukup konservatif, kamu mungkin mengenakan pakaian berkancing, celana panjang, dan sepatu yang bagus,” katanya.

Adapun, untuk lingkungan yang lebih santai seperti startup, Freeman mengatakan kemeja berkerah dan celana khaki bisa menjadi pilihan yang baik. Jika ragu, Freeman mengatakan “Bahkan jika itu sebuah startup dan kamu muncul dengan menggunakan kemeja dan dasi, saya akan berpikir ‘orang itu sedang berusaha’, tidak langsung mengabaikan kamu. Satu hal yang menurutku akan lebih menyakitimu jika kamu terlalu santai.”

Namun, satu pengecualian mungkin terjadi jika perekrut secara eksplisit mengatakan untuk menganggap serius pakaian kasual.

 

3 dari 4 halaman

Cek media sosial

Sharghi ingat ia pernah menerbangkan seorang kandidat yang datang dari General Motors untuk wawancara pekerjaan di Lyft. Karena jeans dan hoodie adalah hal yang umum di perusahaan teknologi, ia menyarankan kandidat tersebut untuk datang dengan kemeja berkancing dan jeans yang bagus.

Sebaliknya, Shargi berkata “Ia tampil dengan setelan jas tiga potong, dan saya memandangnya dan berkata ‘kamu tampak luar biasa, dan saya menyukai setelan itu. Namun, ini merupakan lingkungan yang santai. Saya sarankan untuk melepas dasinya.”

“Dia menjawab bahwa ia merasa nyaman dan memilih untuk tidak berpakaian longgar, tetapi setiap pewawancara  bertanya kepada Sharghi mengapa kandidatnya datang dengan pakaian begitu formal. Ia tidak mendapatkan pekerjaan itu karena alasan lain,” kata Shargi.

“Tetapi, fakta bahwa secara aktif dia mengabaikan panduan saya untuk berpakaian dan bagaimana ia mempersiapkan wawancara terlihat jelas saat hadir untuk wawancara.” lanjutnya.

“Jika perekrut memberi nasihat, sebaiknya terima saja.” tambahnya.

Jika kamu tidak bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang aturan berpakaian dari perekrut kamu, Freeman menyarankan untuk memanfaatkan koneksi. Apakah kamu mengenal orang lain, atau teman di perusahaan yang kamu lamar?

Alternatifnya, kamu bisa memeriksa akun media sosial perusahaan untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dikenakan orang di kantor tersebut. Situs web perusahaan juga mungkin memuat foto orang-orang di sekitar tempat kerja.

 

4 dari 4 halaman

Wawancara Virtual

Apa yang harus dipakai dan jangan dipakai untuk wawancara virtual“Aturan berpakaian tetap berlaku meskipun kamu melakukan wawancara jarak jauh,” kata para ahli.

“Berpakaianlah seolah-olah kamu akan pergi ke lokasi, termasuk dari pinggang ke bawah,” kata Freeman. Melakukan hal itu dapat menempatkanmu pada pemikiran yang tepat untuk menjadi yang terbaik dan menunjukkan kepercayaan diri.

Sharghi merekomendasikan untuk mengenakan warna yang dekat dengan wajah kamu, “yang cocok dengan warna kulit dan sesuatu yang kamu sukai. Jika kamu percaya diri mengenakan warna merah, kenakan warna merah. Jika kamu percaya diri memakai warna biru, pakailah warna biru.”

Kiat pro lainnya, “Beberapa penelitian tentang teori warna mengatakan bahwa warna biru membangkitkan rasa dapat dipercaya yang lebih kuat, yang dapat membantu kamu merasa lebih nyaman selama wawancara kerja,” tambah Sharghi.

Terakhir, katanya, hindari perhiasan keras atau aksesori lain, seperti gelang pesona, yang dapat mengganggu mikrofon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.