Sukses

Daftar Proyek Pembangunan IKN yang Diresmikan Jokowi

Pada Rabu (1/11/2023) hari ini, Jokowi telah melangsungkan proses groundbreaking untuk 5 proyek di IKN. Antara lain, bandara VVIP atau Bandara Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Rumah Sakit Hermina Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan peletakan batu pertama sejumlah proyek di IKN Nusantara. Rencananya, akan ada 10 proyek senilai Rp 12,5 triliun yang dilakukan groundbreaking oleh RI 1 selama tiga hari pada 1-3 November 2023. 

Pada Rabu (1/11/2023) hari ini, Jokowi diketahui telah melangsungkan proses groundbreaking untuk 5 proyek di IKN. Antara lain, bandara VVIP atau Bandara Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Rumah Sakit Hermina Nusantara.

Adapun Jokowi sudah melakukan groundbreaking untuk 9 proyek di IKN sejak September 2023. Adapun 4 proyek yang sudah disambangi oleh Jokowi pada September lalu yakni Hotel Nusantara, Pusat Pelatihan Sepakbola (National Training Center), Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan Hotel Vasanta. 

Dengan begitu, total sudah ada tiga rumah sakit dan dua hotel di IKN Nusantara yang dilakukan groundbreaking oleh kepala negara. 

Tidak berhenti di situ, Jokowi menyebut masih ada 9 proyek lagi di IKN yang akan dilaksanakan peletakan batu pertama pada Desember 2023 mendatang. 

"Bapak Kepala Otorita (IKN) sudah sampaikan, bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena ada groundbreaking sekitar 8-9 (proyek) lagi yang baru," ujar Jokowi di IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Komitmen itu seakan menguatkan pernyataan Jokowi beberapa waktu lalu, saat meminta kepada Kepala Otorita IKN agar ada proses peletakan batu pertama setiap bulan di wilayah Nusantara. 

"Saya sudah minta kepada Kepala Otorita, setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya," kata Jokowi saat menghadiri proses peletakan batu pertama Hotel Vasanta di IKN pada September 2023 lalu.

Berikut daftar proyek IKN yang sudah dilakukan groundbreaking oleh Jokowi:

  1. Hotel Nusantara, groundbreaking Kamis, 21 September 2023
  2. Pusat Pelatihan Sepakbola (National Training Center), groundbreaking Jumat, 22 September 2023
  3. Rumah Sakit Abdi Waluyo, groundbreaking Jumat, 22 September 2023
  4. Hotel Vasanta, groundbreaking Sabtu, 23 September 2023
  5. Bandara Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  6. Mayapada Hospital Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  7. Superblok Pakuwon Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  8. Nusantara Intercultural School, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  9. Rumah Sakit Hermina Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara IKN Beroperasi Penuh Desember 2024, Pesawat Terbesar di Dunia Bisa Mendarat

Sebelumnya, pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara atau Bandara IKN resmi dimulai. Setelah beroperasi penuh, nantinya bandara ini akan mampu melayani pesawat berbadan besar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara IKN menjadi satu akses masuk dari sisi transportasi udara. Maka, pesawat komersial berbadan besar pun akan bisa dilayani disini. Dia menyebut, operasi terbatas akan dimulai Juli 2024 dan operasional penuh pada Desember 2024.

"Nantinya pesawat terbesar yang akan dilayani bandara ini adalah Boeing 777-300ER dan Airbus A380," ucap Menhub Budi dalam peresmian, dikutip di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Informasi, Airbus A380 merupakan pesawat berbadan lebar (wide body) dua tingkat. Pesawat ini mampu menampung sekitar 500-800 penumpang didalamnya. Pesawat komersial tebesar di dunia ini pernah mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali.

Kemudian, Boeing 777-300ER, pesawat yang juga berbadan lebar. Pesawat ini pernah dimiliki oleh maskapai pelat merah Garuda Indonesia, dan beberapa kali digunakan untuk mengantar kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedua jenis pesawat tadi bisa dilayani karena dukungah spesifikasi dari Bandara IKN. Secara umum luas seluruh area bandara IKN adalah 347 ha dengan Runway 3000 x 45 meter, Taxiway A (180 x 30) m dan B (a180 x 30) m dan Apron 102.150 m2, serta luas terminal VVIP dan VIP sebesar 7.352 m2.

Menhub Budi mengatakan pembangunan infrastruktur transportasi di Kabupaten Penajam Paser Utara ini, merupakan komitmen pemerintah mewujudkan pemerataan pembangunan melalui paradigma Indonesia Sentris.

"Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur," ucap Menhub.

3 dari 3 halaman

Kontrak Pembangunan

Pembangunan dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dimulai dari Tahun Anggaran 2023-2024. Pembangunan Fasilitas Sisi Darat dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan sedangkan Pembangunan Fasilitas Sisi Udara dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Kepala Bank Tanah Parman Nataatmadja dan Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.