Sukses

Tol hingga Pengembangan MRT Bikin Industri Properti Tumbuh Pesat

Jababeka telah melakukan kerjasama bersama MRT Jakarta untuk pembangunan fase 3 MRT Jakarta dan Pengembangan KBT di Kawasan Jawa Barat - Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta Jababeka Residence merayakan ulang tahun yang keenam sebagai kota mandiri terpadu eksklusif di Koridor Timur Jakarta. Berbagai produk unggulan telah diciptakan dan dihadirkan kepada masyarakat mulai dari kawasan residensial, apartemen dan komersial.

“Sejak diperkenalkan enam tahun yang lalu, Jababeka Residence telah berdedikasi untuk menciptakan kota mandiri yang nyaman dan fungsional bagi masyarakat. Produk-produk kami tidak hanya memenuhi standar tinggi dalam hal kualitas konstruksi, tetapi juga memberikan solusi serta berbagai fasilitas dan kenyamanan yang dibutuhkan oleh setiap pelanggan kami,” ungkap GM Corporate Marketing Jababeka Residence Eric Limansantoso, dikutip Kamis (26/1/2023) 

Jababeka Residence dengan tagline A City of Your World melambangkan sebuah konsep besar untuk terus membangun semua fasilitas di kota mandiri ini untuk memenuhi kebutuhan warganya dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur modern. 

Jababeka Residence yang berada di Koridor Timur Jakarta berada di posisi strategis karena menghubungkan dua kota besar antara Jakarta dan Bandung dan menjadi salah satu pusat perekonomian negara. Jababeka Residence dapat diakses melalui 3 pintu tol, 5 menit menuju stasiun kereta dan memiliki halte trans Jababeka untuk akses menuju Kota Bandung, Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta. 

Lokasi Jababeka Residence berada di proyek strategis nasional dimana pesatnya pembangunan infrastruktur seperti jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek Elevated atau Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ), Tol Becakayu, Tol Sunter - Pulo Gebang, Tol Cikampek II, dan Tol JORR 2. 

Selain itu, Jababeka juga telah melakukan kerjasama bersama MRT Jakarta untuk pembangunan fase 3 MRT Jakarta dan Pengembangan KBT di Kawasan Jawa Barat - Bekasi.

Kawasan Jababeka telah memenuhi aspek transportasi dalam pengembangan TOD (Transit Oriented Development) sebagaimana diatur dalam pengembangan Peraturan Kepala BPTJ tentang pedoman teknis aspek transportasi dalam penyelenggaraan pengembangan kawasan berorientasi angkutan umum massal di wilayah Jabodetabek. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Bakal Punya KEK Teknologi dan Pendidikan, di Sini Lokasinya

Cikarang kini menjadi salah satu kota industri terbesar di Asia Tenggara. Di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, yang luasnya mencapai 5.600 hektar itu kini terdapat lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional yang berasal dari 30 negara di dunia.

Kota Jababeka, yang menyatu dengan kawasan industri Jababeka, kini ditopang oleh berbagai fasilitas perkotaan yang lengkap. Kini, Kota Jababeka sebagai Kota Mandiri berniat terus melengkapi diri dengan berbagai fasilitas.

Salah satu fasilitas yang bakal dibangun adalah pengembangan pusat riset dan inovasi, serta pusat pendidikan ilmu terapan, yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha yang ada di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, dan berbagai kawasan industri lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, President University Convention Center (PUCC), Jl. H. Usmar Ismail, Kota Jababeka, Cikarang, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Perjanjian ini ditandatangani oleh tiga pihak, yakni PT Jababeka & Co., President University dan Technical University of Munich Asia (TUM Asia).

Melalui MoU tersebut, Jababeka, President University dan TUM Asia sepakat bekerja sama untuk menyusun rencana kerja pembangunan pusat penelitian dan pengembangan yang diintegrasikan dengan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan dan Teknologi di Jababeka, Cikarang.

“Upaya yang dilakukan Jababeka, TUM Asia dan President University ini merupakan terobosan dalam pengembangan KEK Pendidikan dan Teknologi di Jababeka. Kehadiran TUM, yang merupakan universitas terkemuka di dunia, diharapkan bisa menjadi pendorong untuk berbagai pihak dalam mewujudkan KEK tersebut," kata Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip Sabtu (14/10/2023).

 

3 dari 3 halaman

Pusat Industri

Lanjut Bupati Dani Ramdan, Cikarang merupakan pusat industri. Jadi, menurut dia, kehadiran KEK Pendidikan dan Teknologi akan ikut meningkatkan kinerja perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri.

“Saya mendorong Dewan Nasional KEK agar segera mengeluarkan Surat Keputusan KEK Pendidikan dan Teknologi di Jababeka, Cikarang," ungkap dia.

TUM Asia, yang berlokasi di Singapura, adalah bagian dari Technical University of Munich (TUM) yang berbasis di Jerman. Sebagai perguruan tinggi internasional, saat ini TUM menempati peringkat ke-37 dalam QS World University Rankings.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.