Sukses

Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Pendamping Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden atau capres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden atau capres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024.

Hal tersebut diumumkan Prabowo di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu malam.

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Surakarta

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata dia dikutip dari Antara.

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Gibran, yang sejauh ini diketahui masih aktif sebagai kader PDI Perjuangan, diusulkan secara resmi oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres yang mendampingi Prabowo maju Pilpres 2024. Berikut sederet bisnis Gibran Rakabuming Raka.

Bisnis Gibran Rakabuming Raka

1. Chili Pari

Adapun bisnis milik Gibran ini diserahkan kepada sang adik Kaesang Pangarep yakni usaha katering dengan nama Chili Pari. Usaha tersebut didirikan sejak Desember 2010. 

2. Markobar

Bisnis Markobar awalnya adalah bisnis milik Gibran Rakabuming Raka yang juga diserahkan kepada Kaesang. Markobar merupakan bisnis kuliner yang menjual aneka martabak manis dengan berbagai pilihan topping.

3. Mangkok Ku

Mangkok Ku merupakan usaha kuliner milik Kaesang, Gibran Rakabuming, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata. Usaha tersebut menjual berbagai aneka rice bowl dan sudah berdiri sejak 2019.

4. Ternakkopi

Gibran Rakabuming Raka bersama Kaesang mendirikan Ternakkopi pada 2019. Bisnis kopi ini memiliki 40 gerai di Indonesia. Namun lantaran sepi peminat, Kaesang menutup usaha Ternakkopi.

“Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi, kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi hilang semua. Kok bisa? Enggak laku,” tutur Kaesang dalam sebuah wawancara pada Mei 2020.

5. Goola

Bisnis yang bergerak di usaha minuman ini diberikan Gibran Rakabuming Raka kepada Kaesang. Goola menawarkan minuman tradisional yang dikemas modern. Akan tetapi, bisnis Goola tidak lagi berjalan. Ini seperti dari unggahan instagram @goola_id pada 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Gibran Rakabuming Raka

Dikutip dari Merdeka.com, Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gibran yang lahir di Solo pada 1 Oktober 1987 ini menghabiskan pendidikan dasarnya di kota batik ini. Namun saat lulus SMP, dia melanjutkan pendidikannya di Singapura tepatnya di Orchid Park Secondari School di tahun 2002.

Kemudian setelah lulus SMA, di menempuh pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Selepas lulus di universitas tersebut, Gibran masih ingin berkuliah lagi hingga membuatnya melanjutkan studinya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Setelah lulus, bukan berarti dia bekerja di bidang teknologi sesuai jurusannya saat kuliah. Sebab di tahun 2010 dia mendirikan usaha katering yang diberi nama Chilli Pari.

Usahanya ini kemudian mengantarkan Gibran menduduki jabatan sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Di bulan Juni 2015, Gibran menikahi mantan Putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Selvi sendiri lahir di Solo pada 9 Januari 1989.

3 dari 4 halaman

Harta Kekayaan Gibran Rakabuming Raka

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akhirnya diusung oleh Partai Golkar untuk menjadi Bakal Calon Wakil Presiden. Gibran Rakabuming Raka akan mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD yang berlangsung pada Jumat 20 Oktober 2023 malam.

Sebelumnya, Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

Mengutip laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di E-LHKPN yang disampaikan pada 30Januari 2023 untuk periode 2022, total harta Gibran mencapai Rp 26.032.674.370 atau Rp 26 miliar.

Harta ini berupa tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin,harta bergerak lainnya, kas dan juga harta lainnya.

Rinciannya, untuk tanah dan bangunan sebesar Rp 17,33 miliar yang tersebar di Surakarta dan Sragen.

Sedangkan untuk alat transportasi dan mesin tercatat Rp 332 juta. Harta ini berupa motor dengan merek Honda dan Royal Enfield. Selain itu juga ada mobil merek Toyota, Isuzu, dan Daihatsu.

Untuk lainnya adalah harta bergerak lainnya sebesar Rp 260 juta dan kas sebesar Rp 3,1 miliar. Gibran juga memiliki harta lainnya sebesar Rp 5,5 miliar.

Selain harta, Gibran Rakabuming Raka juga memiliki utang sebesar Rp 551,5 juta.

4 dari 4 halaman

Golkar Usulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres Prabowo Subianto

Golkar telah mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

 Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD semalam, Jumat (20/10/2023).

Sebelunmnya, Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka kemungkinan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka hadir ke rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (20/10/2023).

Rapimnas Partai Golkar ini akan membahas soal calon wakil presiden (cawapres) pendaping Prabowo.

"Kita lihat nanti," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Sabtu (20/10/2023).

Menurut dia, persiapan Rapimnas sudah cukup bagus. Airlangga pun meminta semua pihak menunggu hasil Rapimnas Partai Golkar.

"Jadi kita tunggu saja," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengaku belum tahu apakah putra Presiden Joko Widodo itu akan hadir di Rapimnas Golkar.

"Mungkin datang mungkin enggak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.