Sukses

Jadi Solusi Energi Ramah Lingkungan, Ini 5 Manfaat Penggunaan PLTS

Dengan memanfaatkan sinar matahari, PLTS tidak menghasilkan polusi udara atau gas rumah kaca seperti gas CO2, yang merupakan kontributor utama perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi energi surya yang besar hingga 3.294 gigawatt. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah terus mendorong penggunaan sumber energi surya, dalam upaya penerapan prinsip Net Zero Emission, salah satunya dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 

Ya, PLTS dinilai mampu menjadi andalan sebagai upaya menurunkan emisi gas rumah kaca sekaligus bisa menggerakkan ekonomi hijau. Dengan kata lain, PLTS dapat menjadi solusi kehadiran energi ramah lingkungan yang dapat diadopsi pada berbagai sektor dan jenis bangunan. 

Teknologi PLTS telah mengalami kemajuan pesat yang memungkinkan penerapannya sesuai dengan kebutuhan dengan waktu pemasangan yang cepat dan mudah, seperti pada sektor komersial, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dapat memanfaatkan atap bangunan mereka sebagai area potensial untuk instalasi panel surya guna menghasilkan energi listrik yang cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan operasional. 

Begitu juga pada sektor industri, dengan potensi untuk memasang sistem PLTS yang lebih besar dan efisien untuk memenuhi kebutuhan daya proses produksi. Tidak hanya itu, PLTS juga dapat dengan mudah diadopsi oleh sektor perumahan ataupun sosial seperti sekolah, tempat ibadah, dan lainnya.

Dengan ketersediaan teknologi PLTS yang semakin canggih, berbagai sektor dan jenis bangunan memiliki peluang untuk beralih ke sumber energi terbarukan ini. Ketahui bagaimana PLTS memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan energi dan lingkungan melalui manfaat utama dari penggunaan PLTS di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mendukung Target Pemerintah

Sektor industri didorong untuk mewujudkan Industri 4.0 yang mengutamakan konsep keberlanjutan guna mendukung target pemerintah mewujudkan bauran energi sebesar 23% pada tahun 2025. Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah menetapkan target Indonesia Nol Emisi Karbon pada tahun 2060. Implementasi PLTS pada sektor industri merupakan bentuk dukungan sektor industri terhadap target pemerintah tersebut.

 

3 dari 6 halaman

2. Memitigasi Dampak Perubahan Iklim

Pemanfaatan PLTS sebagai sumber energi terbarukan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan menciptakan energi yang bersih. Dengan memanfaatkan sinar matahari, PLTS tidak menghasilkan polusi udara atau gas rumah kaca seperti gas CO2, yang merupakan kontributor utama perubahan iklim. Dengan demikian, penggunaan PLTS membantu dalam memitigasi dampak perubahan iklim yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

 

4 dari 6 halaman

3. Memanfaatkan Atap Bangunan Untuk Produksi Energi Bersih

PLTS Atap memanfaatkan lahan yang umumnya tidak terpakai, yaitu atap bangunan. Dengan memasang panel surya di atap, energi matahari dapat diambil dan diubah menjadi listrik untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Hal ini memaksimalkan penggunaan ruang yang sudah ada tanpa memerlukan lahan tambahan, membantu mengoptimalkan sumber daya yang ada.

 

5 dari 6 halaman

4. Penghematan Biaya Listrik melalui Pemanfaatan Energi Matahari

Penggunaan PLTS secara efektif mengurangi tagihan listrik bulanan. Energi yang dihasilkan dari panel surya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga atau bahkan dialirkan kembali ke jaringan listrik umum (grid). Dengan begitu, PLTS membantu menghemat biaya listrik secara signifikan, terutama dalam jangka panjang, karena energi matahari sebagai sumber daya alam gratis dan tidak terbatas.

 

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Ketergantungan terhadap Bahan Bakar Fosil

Penggunaan PLTS membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, yang merupakan sumber energi yang terbatas dan berdampak negatif pada lingkungan. Dengan mengandalkan energi matahari, kita mengurangi kebutuhan akan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Hal ini mengurangi jejak karbon dan membawa kita lebih dekat kepada masyarakat yang lebih berkelanjutan secara energi. Saat ini terdapat perusahaan pengembang PLTS yang menyediakan jasa instalasi PLTS Atap terintegrasi, seperti SUN Energy yang menawarkan layanan instalasi PLTS tanpa biaya pemasangan. Layanan instalasi PLTS tanpa biaya pemasangan ini diharapkan mampu mendorong pemanfaatan PLTS secara lebih masif di berbagai perusahaan sebagai pilihan bijak untuk masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

 

 (*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini