Sukses

Diapresiasi Menhub, PIS Angkut 157 Miliar Liter Kargo Migas Sepanjang 2022

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi sejumlah kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh perusahaan-perusahaan transportasi dan logistik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi sejumlah kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh perusahaan-perusahaan transportasi dan logistik Indonesia, salah satunya adalah PT Pertamina International Shipping (PIS).

Apresiasi ini dipaparkan dalam sesi diskusi interaktif bertajuk Hub Talks: “Transformasi Transportasi Indonesia” yang merupakan rangkaian acara Hub Space Kementerian Perhubungan, di JCC Senayan, Jumat (29/9).

Dimoderatori langsung oleh Menhub Budi Karya, sesi diskusi ini turut menghadirkan CEO PIS Yoki Firnandi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Rhenald Kasali, dan pelawak tunggal Cak Lontong.

Menhub Budi Karya mengatakan para pelaku industri yang duduk dalam diskusi tersebut merupakan pelaku industri transportasi yang telah mencetak sejumlah prestasi dan membanggakan Indonesia, bahkan sampai di tingkat dunia.

“Untuk itu saya bilang ke dirjen-dirjen saya, jangan persulit mereka. Jika mereka berhasil, kita yang akan dapat nama dan bangga…. ini bisnis shipping (PIS) sudah dikenali dan kapalnya banyak banget,” ujar Menhub Budi Karya dalam diskusi tersebut.

Urat Nadi Distribusi Energi

CEO PIS Yoki Firnandi memaparkan PIS sebagai bagian dari Pertamina Group, merupakan urat nadi virtual dalam mendistribusikan energi di Indonesia, dengan ratusan kapal laut yang dikelola mengantarkan energi berupa BBM, LPG, dan lainnya agar bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Selama tahun lalu, PIS mencatat telah mengangkut 157 miliar liter kargo berupa BBM, minyak mentah, bahkan LPG. Kapal-kapal PIS juga tidak hanya berlayar di Indonesia tetapi juga sudah berlayar di 26 rute internasional, hampir seluruh dunia sudah kita jelajahi,” ujar Yoki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapal Milik PIS

Saat ini, PIS memiliki 97 kapal milik dan akan terus bertambah. PIS juga telah membuka kantor cabang di Singapur dan Dubai sebagai bukti komitmen ekspansi pasar global.

“Bisa dibilang PIS merupakan salah satu pemain shipping terbesar di Asia Tenggara, dan ke depannya akan terus bertumbuh.”

PIS turut memeriahkan Hub Space 2023 yang digelar oleh Kementerian Perhubungan dari 29 September hingga 1 Oktober 2023. Selain berpartisipasi dalam sesi diskusi, PIS juga membuka booth untuk memperkenalkan perusahaan lebih jauh ke publik.

Acara pembukaan Hub Space yang berlangsung pada Jumat kemarin, juga turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang berkesempatan mengunjungi booth PIS dan mendengarkan perkenalan singkat terkait bisnis PIS.

3 dari 4 halaman

Tinjau Pameran Hub Space di JCC, Jokowi Beri Tugas ke Menhub terkait Transportasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi pameran Hub Space yang mengambil tema "Journey to Connect Indonesia" yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Dalam pameran yang menampilkan pencapaian sektor transportasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tersebut, Jokowi meninjau sejumlah stan. Mulai dari, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Gojek, Prestige Image Motocars, MRT Jakarta, Pertamina, hingga BookCabin.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden Jokowi dalam pameran tersebut. Menurut dia, pameran tersebut merupakan perwujudan mimpi pemerintah Indonesia di bidang transportasi.

"Kami hari ini bahagia sekali, hari ini Presiden datang dan Presiden menyaksikan apa yang menjadi mimpi beliau tentang MRT, LRT, kereta cepat, kita sudah lakukan, sekarang kita pamerkan," ujar Budi Karya usai mendampingi Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (29/9/2023).

Dia juga menjelaskan bahwa pameran tersebut digelar dalam rangka memberikan pembelajaran kepada masyarakat. Khususnya, generasi muda Indonesia, terkait perkembangan moda transportasi di Tanah Air.

Budi pun berharap pameran tersebut dapat meningkatkan semangat dan minat generasi muda untuk ikut serta bersama pemerintah mengembangkan transportasi massal di Indonesia.

"Pak Presiden surprise melihat dengan apa yang dilaksanakan. Ini bagus untuk mendidik anak muda kita supaya punya semangat dan kemauan untuk melakukan yang terbaik dengan rasa percaya diri," ungkap dia.

4 dari 4 halaman

Jokowi Beri Sejumlah Tugas

Budi turut mengatakan bahwa Jokowi langsung memberikan sejumlah tugas untuk meningkatkan perkembangan transportasi masal di Tanah Air.

Dia juga akan mengajak sejumlah pemangku kepentingan untuk mewujudkan tugas tersebut, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, akademisi, hingga media.

"Jadi banyak sekali homework, menantang tapi menyenangkan," ucap Budi Karya.

Dalam peninjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini