Sukses

Mendag Sidak Pasar Sumba Barat, Harga Bahan Pokok Turun Tapi Belum Signifikan

Dalam kunjungan ke Sumba Barat, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak karena telah berupaya untuk memastikan harga bahan pokok terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Wakerow Waikabubak, Sumba  Barat, NTT, pada Selasa 19 September 2023. Usai melakukan dialog dengan sejumlah pedagang dan pembeli, Mendag memastikan harga bahan pokok (bapok) di Sumba stabil. 

“Kita cek betul ketersediaan bahan pokok karena ini perintah bapak presiden harus mengamankan ketersediaan bapok, harga terjangkau. Di Mimika bagus, di pasar bagus dan terkendali,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangan yang diterima, Rabu, (20/9/2023).

Dalam kunjungan tersebut, dia turut mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak karena telah berupaya untuk memastikan harga bapok terjangkau. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja samanya kepada bupati, teman-teman di sini Kadis Perdagangan, TNI, dan Polri atas kerja samanya sehingga semua kebutuhan bahan pokok terjamin dan harga terjangkau di sini,” jelasnya. 

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan harga bapok mulai membuahkan hasil, meskipun angka penurunannya belum signifikan.

“Baru 2 minggu, beberapa tempat juga sudah ada yang turun Rp 50 sampai Rp 500. Mudah-mudahan 1 bulan turunnya banyak kita lihat,” jelasnya.

Bagikan Beras 

Dalam kesempatan yang sama, Zulkifli Hasan turut membagikan beras sebanyak 2 ton ke masyarakat Sumba Barat Daya dan 2 ton ke Sumba Barat.

Pembagian beras tersebut diharapkan mampu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok. 

Sementara itu, seorang warga Sumba mama Jefri mengatakan bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk dirinya dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup. 

“Terima kasih, sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan hidup,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Traktir Sembako, Mendag Bikin Mama-Mama di Timika Semringah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali menteraktir emak-emak. Kali ini, Zulhas teraktir emak-emak dengan paket sembako di Pasar Sentral Timika, Papua, Selasa (19/9/2023).

Kalau kita datang kan harus menyenangkan orang. Jangan sampai Mendag datang, pak bupati datang, orang datang  cuma melihat dagangannya nggak dibeli jadi kita beli,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangan yang diterima, Selasa, (19/9/2023). 

Pantauan di lapangan, Zulhas yang menggunakan topi khas Papua dan Noken ini kedatangannya disambut baik oleh masyarakat setempat. Zulhas pun terlihat berbicang dengan sejumlah pedagang beras, minyak, sayuran, telur, dan lainnya. 

Meskipun cuaca sedikit gerimis, masyarakat  setempat pun nampak begitu antusias ketika Zulhas menteraktir emak-emak. 

 

3 dari 3 halaman

Emak-Emak Antusias

Antusiasme makin terlihat ketika Zulhas mentraktir emak-emak dengan beras 5 Kg sebanyak 600 kantong. 

“Di mana pun sebisa mungkin kita harus bantu masyarakat yang membutuhkan, ini kita beli dari gerakan pangan murah, beras bulog, untuk dibagi kepada mama-mama di sini,” jelasnya

Sebagai informasi, selain meninjau harga pangan, Zulhas juga bakal memberikan melakukan Bakti Sosial Kemendag Peduli dan meninjau Posko Tanggap Darurat Penanganan Bencana Kabupaten Puncak, Timika Jaya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini