Sukses

Miliarder Bill Gates Ungkap Penyebab Perubahan Iklim yang Tidak Banyak Disadari Orang

Namun, menurut Gates, kebanyakan orang masih belum menyadari peran yang dimainkan oleh salah satu kontributor terbesar terhadap perubahan iklim, yaitu pertanian, khususnya emisi metana dari peternakan dan pupuk.

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan miliaran dolar untuk bekerja demi memerangi perubahan iklim.

Bahkan yayasan milik miliarder satu ini telah berinvestasi dalam jumlah besar dalam berbagai solusi teknologi iklim sekaligus secara rutin meningkatkan kewaspadaan terhadap kontributor utama perubahan iklim.

Ini seperti emisi gas rumah kaca yang berasal dari perusahaan energi dan manufaktur besar yang menggunakan bahan bakar fosil dalam jumlah besar.

Namun, menurut Bill Gates, kebanyakan orang masih belum menyadari peran yang dimainkan oleh salah satu kontributor terbesar terhadap perubahan iklim, yaitu pertanian, khususnya emisi metana dari peternakan dan pupuk.

“Dari semua bidang iklim, hal yang mungkin paling tidak disadari orang adalah pupuk dan sapi, dan itu adalah sebuah tantangan,” kata Gates melansir CNBC Make It, Jumat (1/9/2023).

Topik ini muncul karena Gates sedang berbincang dengan musisi dan sutradara Ahmir “Questlove” Thompson, yang seperti Gates, juga merupakan investor awal di beberapa startup makanan nabati, seperti Impossible dan NotCo.

Thompson, yang berasal dari Philadelphia, bahkan baru-baru ini bermitra dengan Impossible untuk membuat steak keju nabati yang disukai mantan presiden Barack Obama, katanya kepada Gates.

Thompson mengatakan kepada Gates bahwa dia terpesona oleh kemampuan makanan nabati untuk meniru rasa daging asli, di antara produk lainnya.

“Sesuatu memberi tahu saya bahwa makanan nabati akan menjadi masa depan dan saya ingin menjadi orang yang menanam makanan benih tersebut,” katanya.

Meskipun makanan nabati mendapat dukungan dari mereka yang mencari alternatif terhadap produk yang terbuat dari hewan, miliarder ini mengatakan bahwa ia mulai mendukung usaha makanan nabati karena potensinya untuk memerangi perubahan iklim. “Saya lebih memahaminya dari sudut pandang iklim,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri Pertanian Turut Berperan

Gates pernah menunjukkan bahwa industri pertanian menyumbang sekitar 24 persen emisi gas rumah kaca dunia, yang sebagian besar berasal dari emisi metana dari peternakan dan pupuk yang digunakan untuk bercocok tanam, menurut data dari Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Faktanya, jika peternakan “adalah sebuah negara,” tulis Gates pada 2018, “mereka akan menjadi penghasil gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia.”

Dalam bukunya yang diterbitkan pada 2021, “How to Avoid a Climate Disaster,” Gates menulis bahwa memerangi perubahan iklim secara efektif akan membutuhkan kesediaan orang untuk berkomitmen pada ide-ide baru, seperti beralih ke mobil listrik dan daging sintetis.

Pada tahun yang sama, Gates berpendapat bahwa negara-negara kaya yang memiliki sumber daya untuk melakukan hal tersebut “harus beralih ke 100 persen daging sapi sintetis” untuk mengurangi emisi global dari peternakan secara signifikan, katanya kepada MIT Technology Review.

“Anda bisa terbiasa dengan perbedaan rasanya, dan klaimnya adalah mereka akan membuatnya terasa lebih enak seiring berjalannya waktu,” katanya saat itu. “Pada akhirnya, premi ramah lingkungan ini cukup sederhana sehingga Anda dapat mengubah perilaku masyarakat atau menggunakan peraturan untuk sepenuhnya mengubah permintaan.”

Penjualan daging nabati masih mewakili sebagian kecil dari total pasar daging, dan bahkan Gates mengakui akan sulit meyakinkan cukup banyak orang untuk berhenti makan daging asli untuk membuat perbedaan yang signifikan.

Salah satu permasalahannya adalah harga produk yang masih relatif baru saat ini lebih mahal dibandingkan daging asli.

 

3 dari 3 halaman

Daging Nabati

Namun, Gates memiliki pandangan positif bahwa perusahaan daging nabati akan terus meningkatkan produk mereka, dan mengurangi biaya , sehingga pada akhirnya membantu mereka menjadi lebih populer.

Itu sebabnya Gates dan yayasannya secara finansial mendukung startup daging nabati dan yang dikembangkan di laboratorium seperti Impossible, Beyond Meat, dan Upside Foods.

Dia juga mendukung Netral, sebuah startup makanan netral karbon. Berbicara kepada Thompson tentang startup daging nabati, seperti Impossible, Gates mengatakan bahwa “mereka melakukannya dengan baik, tetapi banyak orang ingin dia membuat [produknya] sedikit lebih baik.”

“Mereka punya peta jalan yang bagus, jadi saya optimis,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.