Sukses

Bukan Berkurang, Miliaran Orang di Dunia Justru Masih Butuh Minyak Lebih Banyak

Sebaliknya, dunia harus bertindak untuk mengurangi emisi dan memastikan bahwa masyarakat memiliki akses terhadap produk dan layanan yang mereka perlukan demi hidup nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Jika minyak lenyap saat ini, produk-produk seperti bahan bakar, minyak pemanas, dan produk lain yang menggunakan sumber energi ini atau turunannya dipastikan akan hilang.

Jaringan transportasi akan terhenti, rumah-rumah akan membeku, rantai pasokan akan hancur, dan kemiskinan energi akan meningkat.

Itu sebabnya, melansir CNBC, Jumat (1/9/2023), laporan Energi Dunia 2022, yang diterbitkan oleh Institut Energi yang berbasis di Inggris dan perusahaan konsultan KPMG dan Kearney mencatat bahwa bahan bakar fosil alias minyak menyumbang 82 persen energi global pada 2022.

Angka ini sebanding dengan perkiraan minyak dunia terbaru OPEC dan mewakili tingkat yang sama dengan 30 tahun yang lalu.

Kemudian mengapa sebagian besar perdebatan transisi energi mengabaikan peran penting komoditas, seperti minyak dan gas dalam meningkatkan taraf hidup, stabilitas dan keamanan energi, serta upaya industri terkait untuk mengembangkan teknologi dan praktik terbaik untuk mengurangi emisi?

Besarnya tantangan perubahan iklim sangatlah besar, namun memenuhi peningkatan permintaan energi dunia dan melakukan mitigasi perubahan iklim tidak harus terjadi dalam ruang hampa atau bertentangan satu sama lain.

Sebaliknya, dunia harus bertindak untuk mengurangi emisi dan memastikan bahwa masyarakat memiliki akses terhadap produk dan layanan yang mereka perlukan demi hidup nyaman.

Untuk mencapai tujuan tersebut, para anggota OPEC berinvestasi pada kapasitas hulu dan hilir, memobilisasi teknologi yang lebih ramah lingkungan, dan mengerahkan keahlian yang luas demi melakukan dekarbonisasi industri minyak.

Investasi besar juga dilakukan pada energi terbarukan dan kapasitas hidrogen, pemanfaatan dan penyimpanan penangkapan karbon – serta dalam mendorong ekonomi karbon sirkular.

Intinya adalah kita bisa melakukan investasi besar-besaran pada energi terbarukan sambil terus memproduksi minyak yang dibutuhkan dunia saat ini dan dalam beberapa dekade mendatang.

Berkontribusi pada Stabilitas Global

Pendekatan ini juga berkontribusi terhadap stabilitas global pada saat terjadi gejolak dan sangat penting mengingat sejarah menunjukkan bahwa transisi energi berkembang selama beberapa dekade dan memerlukan banyak jalur.

Contohnya kendaraan listrik. Meskipun Toyota Prius menjadi kendaraan hibrida yang diproduksi secara massal pertama di dunia pada akhir 1990-an, sebuah analisis dari Asosiasi Dealer Mobil Nasional AS mencatat bahwa penjualan kendaraan hibrida, hibrida plug-in, dan kendaraan listrik baterai (BEV) menyumbang angka terbesar, hanya 12,3 persen dari seluruh kendaraan baru yang terjual di AS pada 2022.

Meskipun meningkatnya popularitas kendaraan listrik tidak dapat disangkal, total penjualan BEVS juga hanya menyumbang 19 persen dari penjualan mobil baru di Tiongkok pada tahun lalu. Demikian pula di UE, kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin atau solar masih menyumbang sekitar setengah dari seluruh penjualan mobil pada 2022.

Oleh karena itu, jika menyangkut sektor transportasi – dan juga banyak bidang lainnya – jelas bahwa tidak bijaksana untuk mengabaikan bahwa miliaran orang di seluruh dunia bergantung pada minyak dan akan terus melakukan hal tersebut di masa mendatang.

Hal ini menjadi lebih mendesak jika dibarengi dengan investasi yang dibutuhkan untuk memenuhi peningkatan permintaan energi, menjamin keamanan energi dan akses yang terjangkau, serta menurunkan emisi global sejalan dengan Perjanjian Paris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Populasi Dunia Naik

Sementara itu, populasi dunia pun semakin bertambah. World Oil Outlook (WOO) OPEC untuk tahun 2022 memperkirakan jumlah penduduk meningkat sebesar 1,6 miliar orang pada 2045. Sementara statistik PBB mencatat pertumbuhan menjadi sekitar 10,4 miliar orang pada 2100.

Secara paralel, OPEC memperkirakan permintaan energi global akan meningkat sebesar 23 persen pada 2045. Dalam rentang ini, permintaan minyak diproyeksikan meningkat hingga sekitar 110 juta barel per hari (mb/d). Dengan demikian, jelas bahwa minyak akan terus menjadi bagian penting dari infrastruktur energi global selama beberapa dekade mendatang.

Hal ini sangat kontras dengan pernyataan-pernyataan pada dekade-dekade lalu yang menyatakan bahwa era minyak telah berakhir. Memang benar, permintaan saat ini mendekati titik tertinggi sepanjang masa dan akan meningkat hampir 5 juta b/h pada 2023 dan 2024.

Saat ini, tidak ada satu bentuk energi pun yang dapat memenuhi perkiraan permintaan energi di masa depan; sebaliknya, diperlukan pendekatan “semua orang, semua bahan bakar dan semua teknologi”.

Oleh karena itu, negara-negara anggota OPEC siap bersedia dan mampu menyediakan energi terjangkau yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi masa depan, sambil mengurangi emisi mereka dan membantu mengentaskan kemiskinan energi.

Di samping itu, PBB mencatat bahwa lebih dari 700 juta orang masih kekurangan akses terhadap listrik dan hampir sepertiga populasi global menggunakan sistem memasak yang tidak efisien dan menimbulkan polusi.

Kehidupan sehari-hari bukanlah tentang mobil, laptop, atau AC bagi orang-orang ini; ini tentang akses dasar terhadap panas dan listrik. Untuk menyediakan akses energi universal yang memadai dan terjangkau, serta mengentaskan kemiskinan energi, minyak dapat dan akan memainkan peran penting di negara-negara berkembang.

 

3 dari 3 halaman

Investasi Minyak Sangat Penting untuk Ketahanan Energi

Kenyataan lain yang mengkhawatirkan di seluruh dunia adalah tidak cukupnya investasi yang disalurkan ke semua sektor energi. Meningkatnya pertumbuhan permintaan minyak saja memerlukan investasi yang jauh lebih besar jika ingin mempertahankan pasokan yang berkelanjutan.

Minyak akan memenuhi hampir 29 persen kebutuhan energi global pada 2045, dengan investasi sebesar USD 12,1 triliun yang dibutuhkan pada saat itu – atau lebih dari USD 500 miliar per tahun – namun tingkat investasi tahunan saat ini jauh di bawah angka tersebut.

Konsekuensi dari kegagalan melakukan investasi minyak secara memadai diperparah oleh penelitian Sekretariat OPEC baru-baru ini, yang menguraikan bahwa dalam lima tahun akan terjadi defisit pasar minyak yang sangat besar sebesar 16 juta barel per hari antara perkiraan peningkatan permintaan dan pasokan global jika investasi pada kegiatan hulu dihentikan.

Industri minyak telah berperan penting dalam meningkatkan kehidupan miliaran orang hingga saat ini. Jika ingin terus melakukan hal tersebut, dan jika dunia serius dalam menerapkan transisi energi yang teratur dan memenuhi permintaan energi di masa depan sambil memastikan keamanan energi bagi semua orang, maka rendahnya investasi yang kronis pada industri ini perlu segera diatasi.

Menjelang Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP28) tahun ini di Uni Emirat Arab – di mana dunia akan mengevaluasi kemajuan Perjanjian Paris – Presiden yang ditunjuk COP28 Sultan Ahmed Al Jaber mengatakan dunia membutuhkan “energi maksimum, emisi minimum”.

Pragmatisme yang sehat diperlukan untuk mencapai tujuan ini, terutama mengingat adanya kebutuhan yang jelas untuk memanfaatkan seluruh energi jika kita ingin memenuhi kebutuhan energi dunia saat ini dan masa depan.

Pada akhirnya, tidak ada orang, industri atau negara yang dapat diabaikan, dan kami percaya bahwa diskusi pada COP28 tahun ini akan mencerminkan hal ini.

Bagaimanapun juga, sejarah dipenuhi dengan banyak contoh gejolak yang seharusnya bisa menjadi peringatan mengenai apa yang akan terjadi jika para pembuat kebijakan gagal mempertimbangkan kompleksitas yang ada di bidang energi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini