Sukses

Tanda-Tanda Lingkungan Kerja Buruk, Simak Dulu Sebelum Lamar Kerja

Karena proses perekrutan perusahaan mencerminkan budayanya, hal ini mungkin bukan pertanda baik tentang cara mereka akan menjalankan aspek lain dari bisnisnya

Liputan6.com, Jakarta Terkadang tempat kerja yang beracun bisa mengejutkan. Namun dalam banyak kasus, jika memperhatikan selama proses wawancara, Anda sebetulnya dapat melihat tanda-tanda peringatan sebelum menerima tawaran pekerjaan.

Sekitar 65 persen pencari kerja menganggap pekerjaan yang membutuhkan lebih dari tiga kali wawancara sebagai “bendera merah” atau red flag terbesar dari lingkungan kerja yang buruk, menurut jajak pendapat Monster yang dilakukan terhadap lebih dari 6.000 pekerja.

Membutuhkan lebih dari tiga kali wawancara dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut ragu-ragu atau tidak terorganisir. Karena proses perekrutan perusahaan mencerminkan budayanya, hal ini mungkin bukan pertanda baik tentang cara mereka akan menjalankan aspek lain dari bisnisnya, kata pakar karier Monster Vicki Salemi seperti dilansir CNBC Make It, Jumat (28/8/2023)..

“Dalam beberapa kasus, ada alasan yang sah mengapa proses perekrutan menjadi lebih lama, seperti mungkin ada eksekutif tertentu yang sedang bepergian atau sulitnya mengatur jadwal manajer perekrutan yang berbeda,” tambahnya. “Tetapi jika mereka menundanya, kemungkinan besar mereka tidak menghargai waktu kandidat atau tidak percaya diri dengan apa yang mereka cari.”

Alasan wawancara kerja semakin lama

Namun, penting untuk dicatat bahwa wawancara kerja semakin lama terjadi di semua industri.

Rata-rata, pekerja tingkat pemula melihat siklus perekrutan sekitar enam minggu, menurut penelitian terbaru dari LinkedIn. Untuk peran yang lebih senior, siklus perekrutan rata-rata adalah tujuh minggu.

Meningkatnya popularitas wawancara panjang adalah akibat langsung dari persaingan pasar tenaga kerja yang sangat kompetitif, ungkap pelatih karier dan pakar resume Steven Leitch, pelatih karier dan pakar resume.

“Dengan maraknya sistem kerja jarak jauh dan talenta yang dapat diakses oleh perusahaan, mereka semakin berhati-hati dan mencari lebih banyak cara untuk menilai kandidat secara menyeluruh,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mengenali tanda bahaya

Anda tidak dapat mengubah proses wawancara suatu perusahaan, namun Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jadwal perekrutan mereka — dan logika di baliknya — sehingga Anda tahu apa yang diharapkan.

Di akhir panggilan penyaringan awal dengan perekrut atau manajer perekrutan, Salemi menyarankan untuk menanyakan pertanyaan berikut: “Bagaimana jadwal untuk mengisi posisi ini?” atau “Langkah selanjutnya apa yang dapat saya harapkan dalam proses perekrutan?”

Setelah wawancara putaran pertama, Anda juga dapat bertanya kepada perekrut atau siapa pun kontak utama Anda, sudah berapa lama posisi tersebut dibuka, dan apakah mereka dapat menyampaikan konteks mengapa mereka merekrutnya sekarang.

“Beberapa perusahaan mungkin ragu untuk memberikan rinciannya, namun idealnya, jawaban mereka dapat membantu Anda mengetahui apakah hal ini disebabkan oleh seseorang yang berhenti, dipecat, dipromosikan, atau karena peran yang sepenuhnya baru,” katanya. “Jika mereka mengisyaratkan adanya PHK atau seringnya pergantian karyawan, itu bisa menjadi tanda tempat kerja yang beracun.”

Sebagian besar perusahaan ingin merekrut orang yang tepat dengan cepat, tambah Salemi, “tetapi mereka bisa saja kecewa karena keputusan perekrutan yang buruk di masa lalu, dan mereka harus berhati-hati.”

Melakukan percakapan yang transparan dengan manajer perekrutan terlebih dahulu dapat membantu Anda memutuskan apakah pekerjaan tersebut layak untuk dijalani dengan sabar — atau apakah Anda harus mempertimbangkan peluang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.